Sebanyak 8 Peserta di Jembrana Ikut Lomba Ogoh-Ogoh Tingkat Provinsi

  21 Maret 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket Poto : poto Ogoh-Ogoh juara 2 tingkat Kabupaten di Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Lomba Ogoh-Ogoh Tingkat Provinsi di Kabupaten Jembrana diikuti sebanyak 8 peserta. Dimana setiap Kecamatan diwakili oleh 2 peserta kecuali Kecamatan Pekutatan tidak ikut prlombaan. Lomba tingkat provinsi tersebut langsung difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Untuk perlombaannya tidak diadu dengan kabupaten lainnya hanya diadu di Kabupaten Jembrana saja.

Ogoh-Ogoh yang ikut perlombaan tingkat provinsi tersebut telah dibuat sebelum Hari Raya Nyepi yang sudah ikut dalam lomba tingkat kabupaten. Lomba kali hanya mencari 3 pemenang juara I,II,III tidak ada juara harapan. kedelapan peserta tersebut akan memperebutkan hadiah senilai 50 juta rupiah untuk juara I. Untuk penilaian akan dimulai dari 28 Maret sampai tanggal 7 April 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Parbud Jembrana Ida Bagus Kade Biksa saat dikonfirmasi via telphon mengatakan, pihaknya diberikan waktu menilai dari tanggal 28 Maret sampai tanggal 7 April 2022. Di Kabupaten penilaiannya akan diadakan pada tanggal 2 April 2022

“Nanti di setiap kecamatan di Kabupaten Jembrana akan diikuti 2 peserta, jadinya keseluruhan sebanyak 8 peserta se Kecamatan Jembrana untuk Kecamatan Pekutatan tidak ikut dalam lomba. Sebelum Nyepi pada saat penilaian lomba di kecamatan kita sudah meninformasikan kepada seluruh STT akan diadakan lomba tingkat provinsi, akan tetapi banyak juga STT yang nyomya Ogoh-Ogohnya,” terangnya. Senin (21/3/2022).

Terkait dengan ketentuan lomba, lanjut Biksa, untuk perlombaan ditingkat provinsi, seperti biasanya Ogoh-Ogoh dinilai ditempat tanpa ada parade, kali ini juara hanya ada 3 (I,II dan II) tidak ada juara harapan. Ogoh-Ogoh yang diikutsertakan telah dibuat untuk perayaan Hari Raya Nyepi kemarin. untuk penyerahan hadiah, pada saat Pesta Keenian Bali di Kota Denpasar. Untuk bahan Ogoh-Ogoh harus terbuat dari bahan ramah lingkungan.

“Untuk mengikuti perlobaan Ogoh-Ogoh tingkat Provinsi, para peserta mendapatkan uang senilai 5 juta rupiah dimasing-masing STT yang ikut. Untuk hadiah perlombaan juara 1 mendapatkan uang senilai 50 juta rupiah, untuk juara II, 35 juta rupiah sedangkan juara III mendapatkan uang tunai sebesar 25 juta rupiah,” tutupnya. (BB)