Sasar Siswa SD, "Bangli Membaca" Kembali Digelar

  25 Agustus 2016 PERISTIWA Bangli

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Untuk menggalakkan kembali budaya gemar membaca serta memasyarakatkan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Bangli, Kamis (25/8/2016) menggelar kegiatan Bangli membaca. Acara yang dipusatkan di wantilan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Bangli Drs. I Wayan Lawe, MM. kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadisdikpora Bangli Drs. Nyoman Suteja, Camat Tembuku Dewa Agung Purnama dan Muspika Kecamatan Tembuku.
 
 
Lawe pada kesempatan itu menyampaikan,  buku merupakan gudang ilmu dan jendela pengetahuan. Oleh karenanya perpustakaan hendaknya dikelola secara professional sehingga menjadi tempat yang nyaman dikunjungi oleh pemustaka. Tidak kalah penting juga sambung Wayan Lawe, hendaknya perpustakaan bisa ditata dengan “cantik” karena perpustakaan merupakan “oksigen”nya pendidikan, sehingga anak-anak mau datang ke perpustakaan dengan senang dan gembira. “Dengan kualitas perpustakaan yang baik dan strategi pengelolaan perpustakaan yang tepat jumlah pemustaka yang datang keperpustakaan diharapkan terus meningkat.”harapnya.
 
 
Disampaikan juga, Bangli membaca merupakan kegiatan yang sangat inovatif, sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan sekolah, taman bacaan serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing. 
 
 
Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Bangli Dra. Dewa Ayu Widiasih, M.Pd mengatakan, Bangli membaca yang dilaksanakan sejak tahun 2015 di Kabupaten Bangli merupakan sebuah gerakan yang mewajibkan siswa membaca buku bacaan untuk kemudian membuat rangkuman dari buku bacaan. Dimana setiap siswa yang membuat rangkuman buku akan diberikan kupon undian berhadiah yang diundi secara bertahap saat pelaksanaan Bangli membaca di masing-masing kecamatan yang kegiatanya menyasar siswa sekolah dasar se Kabupaten Bangli.
 
 
Sambung dia, dipilihnya siswa sekolah dasar dalam gerakan Bangli membaca karena kita ingin mengajak anak sejak dini untuk suka membaca sehingga akan menumbuhkan budaya membaca bagi anak sejak dini. “Melalui Bangli membaca kita ingin merangsang dan menumbuhkan minat baca dan budaya baca sejak dini," pungkasnya.(BB)