RS Unud Gelar Pelatihan dan Evaluasi Jejaring Tingkatkan Mutu Pelayanan PONEK dan Stunting

  08 Desember 2023 PENDIDIKAN Badung

RS UNUD kembali menggelar pelatihan dan evaluasi jejaring. Kegiatan pelatihan dan evaluasi jejaring Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) RS UNUD serta penguatan jejaring untuk kasus stunting dan wasting ini diselenggarakan di Ruang Pertemuan RS UNUD, Kamis (7/12).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jimbaran. Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), RS UNUD kembali menggelar pelatihan dan evaluasi jejaring. Kegiatan pelatihan dan evaluasi jejaring Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) RS UNUD serta penguatan jejaring untuk kasus stunting dan wasting ini diselenggarakan di Ruang Pertemuan RS UNUD, Kamis (7/12). 

Pelatihan tersebut diikuti oleh tenaga kesehatan dari fasilitas kesehatan pertama mulai dari klinik, puskesmas hingga bidan praktik mandiri (BPM) di wilayah Kuta Selatan yang menjadi jejaring PONEK RS UNUD.

Kegiatan dibuka langsung oleh dr. Endang Sri Widiyanti, M. Biomed, Sp.OG (K) selaku Ketua PONEK RS UNUD. Pelatihan tersebut menghadirkan sejumlah dokter spesialis di RS UNUD sebagai narasumber yang memaparkan beragam materi mulai dari kegawatdaruratan obstetri dan rujukan PONEK, skrining kelainan bawaan, interpretasi triple eliminasi.

Materi lainnya yakni skrining kanker serviks, penanganan kegawatdaruratan bayi baru lahir, deteksi dini dan tatalaksana kuning pada bayi baru lahir, antropometri dan wasting hingga materi mengenai stunting. Melalui pelaksanaan kegiatan rutin ini, diharapkan fasilitas kesehatan pertama memperoleh wawasan dan pengetahuan terkait penanganan kelahiran berisiko untuk menurunkan AKI dan AKB.(BB).

Sumber: http://www.unud.ac.id