Renovasi Pasar Badung masih Gabeng

  28 Mei 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Denpasar. Kebakaran di Pasar Badung terjadi Senin (29/2/2016) sekitar pukul 18.00 wita. Para pedagang sementara direlokasi ke bekas Pasar Swalayan Tiara Grosir di Jl.Cokroaminoto. Sayangnya, hingga kini belum jelas alias masih gabeng,  kapan renovasi atau pembangunan kembali Pasar Badung bisa diselesaikan.
 
Pemkot Denpasar kabarnya terus berupaya untuk menda¬patkan dana bantuan untuk membangun gedung baru itu. Selain melakukan permohonan bantuan ke Kementerian Perdagangan dan Perindustrian. di daerah juga terus dijajaki sumber-sumber bantuan lain.
 
Seperti yang dilakukan Asisten II Setda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, beberapa waktu lalu. Pihaknya mengaku sudah melakukan pendekatan dengan lembaga-lembaga keuangan di Denpasar un¬tuk bisa mendapatkan bantuan dana dalam merealisasikan pembangunan Pasar Badung yang baru.
 
"Sambil menunggu dana dari pusat, kami berupaya mencari sumber lain yang bisa mempercepat pembangunan pasar tradisional terbesar di Bali ini," katanya. Terkait dengan kondisi masih gabengnya renovasi Pasar Badung, kini muncul desakan agar pembangunan tersebut digarap langsung PD Pasar. Anggota DPRD Kota Denpasar, AA.Susruta Ngurah Putra mengemukakan kepada wartawan. Jumat (27/5/2016), melihat kemampuan PD Pasar untuk membangun gedung tersebut masih memungkinkan sepanjang ada planing kerja yang jelas dari BUMD Kota Denpasar ini. "Swasta saja bisa membangun gedung, kenapa BUMD tidak bisa?" ujarnya.
 
Pihaknya mendorong agar pembangunan gedung Pasar Badung tersebut dilakukan PD Pasar dengan pola pinjaman. Bila dalam perjalanannya ada bantuan dari pusat atau APBN, bisa digunakan untuk membayar utang yang dipinjam. Selain itu, dampaknya cukup luas bagi masyarakat. Pasalnya, dana APBD yang sedianya untuk membangun gedung bisa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur lainnya.(BB)