Ratusan Personel Polres Klungkung Amankan Jalannya Melasti Ida Bhatara Mpu Ghana Pura Penataran Agun

  09 April 2017 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Polres Klungkung dan Polsek jajaran mengerahkan ratusan personilnya yang dibantu Instansi terkait dan Pecalang mengamankan jalannya pemelastian Ida Bhatara Mpu Ghana, Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek, Minggu (9/4/2017).
 
Pengamanan jalannya pemelastian Ida Bhatara Empu Ghana dipimpin langsung  Kapolres Klungkung AKBP FX.Arendra wahyudi, SiK.
 
Pemelastian Ida Bhatara Mpu Ghana diikuti ribuan umat Pasek Sanak Sapta Rsi dilaksanakan dengan berjalan kaki dari Catus Pata Klungkung  menuju pantai Goa Lawah Pesinggahan, dengan melewati Satria, Gunaksa, Tiing Adi dan Tukad Banges yang sebelumnya Panitia telah Mendak Ida Bhatara ke Pura Besakih.
 
Saat pemelastian Ida Bhatara Empu Ghana dari Catus Pata menuju Pantai Goa Lawah, Pengamanan  dilaksanakan dipenggal-penggal jalan atau di persimpangan yang akan dilalui, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti macet dan laka lantas, karena masyarakat yang melaksanakan melasti jumlahnya ribuan, mengingat ini merupakan upacara perdana Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek yang berlokasi di Desa Punduk Dawa, Kecamatan Dawan.
 
Untuk mengurangi kemacetan  sepanjang jalan dari Catus Pata sampai Pantai Goa Lawah untuk sementara dilaksanakan buka tutup, terkecuali dari simpang empat Tiing Adi menuju Goa Lawah kendaraan dari arah barat untuk diarahkan menggunakan jalan lama (jalan tengah).
 
Kapolres Klungkung menghimbau masyarakat pengguna jalan dari Klungkung sampai Pantai Goa Lawah agar berhati-hati, berikan kesempatan bagi pemedek yang melaksanakan melasti, , gunakan lajur kiri, jangan saling mendahului serta utamakan keselamatan dijalan raya. 
 
Jalannya pemelastian Ida Bhatara Mpu Ghana Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek berlangsung aman dan terkendali. (BB)