Ratusan Pasang Kerbau Meriahkan Mekepung Kapolres Cup 2023

  11 Juni 2023 OLAHRAGA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Memperingati HUT Bhayangkara ke -77 tahun, Polres Jembrana kembali menggelar lomba Makepung yang bertajuk Kapolres Cup 2023.  Pelepasan start peserta oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana di Sirkuit Mekepung Delodberawah, Mendoyo, Minggu (11/6).  

Diikuti sebanyak 192 peserta, event tahunan makepung tersebut sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton secara langsung. Hadir pula Wabup IGN Patriana Krisna serta jajaran Forkopimda. Dari 192 peserta tersebut terdiri dari 95 regu barat dan 97 regu timur. Perlombaan Kapolres Cup tahun ini memperebutkan Piala Bergilir. 

Dihadapan para sekaa mekepung, Bupati I Nengah Tamba mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi salah satu kegiatan yang digelar Polres Jembrana dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres dan seluruh jajaran Polres Jembrana dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 dengan diselenggarakan dari salah satu agenda kegiatannya yaitu Kapolres Cup 2023,” ujar Bupati Tamba. 

Dibalik kebahagiaan Mekepung ini, Bupati Tamba mengungkapkan kekhawatirannya terhadap masalah bibit kerbau yang digunakan untuk Mekepung. 

“Ini bibit kerbau tidak lagi kita dapatkan di Jembrana sendiri, sementara saat ini untuk kerbau sudah ada dua proposal yang masuk untuk pembibitannya dan saya masih pelajari itu. Saya sangat setuju pengembangan bibit Mekepung ini biar bertumbuh jangan sampai ini bibit tidak ada. Saya akan coba kembangkan ini kedepannya,” ungkapnya. 

Disamping itu, pihaknya berharap dengan adanya banyak event mekepung yang akan diselenggarakan akan dapat menumbuhkan semangat dalam melestarikan warisan budaya mekepung tersebut. 

“Masih ada menunggu lagi 3 kompetisi yakni Jembrana Cup, Bupati Cup dan Gubernur Cup kemungkinan itu semuanya akan kita gelar di sirkuit all in one.  Saya harap sekaa mekepung tetap semangat dalam rangka kita menuju Jembrana emas tahun 2026. Saya berjanji disaat wisawatan masuk Jembrana Mekepung ini menjadi barang mahal dan jegog sebagai pendaping juga,” harapnya. 

Dikesempatan yang sama, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan kapolres cup tahun 2023. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung, tentu tanpa kerjasama kita semua ini tidak bisa terselenggara,” ucapnya. 

Lebih lanjut, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana memaparkan Lomba Mekepung Kapolres Cup 2023 dalam menyambut HUT ke-77 Bhayangkara merupakan juga bagian dari pelestarian warisan budaya yang dimiliki Kabupaten Jembrana. 

“Kegiatan ini kami selenggarakan juga untuk membangkitkan gairah untuk melestarikan warisan budaya yang kita miliki, sehingga kedepan anak cucu kita bisa mewariskan apa yang sudah diwarisi secara turun temurun sejak dahulu, kedepan event ini akan terus berlanjut,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Sekaa Mekepung Kabupaten Jembrana, I Made Mara merasa bahagia karena kegiatan ini sudah dilaksanakan yang ke dua kalinya. Dengan adanya Kapolres Cup ini, pihaknya berharap kedepannya tetap berlanjut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres dan Bupati Jembrana, Ini merupakan kali keduanya diadakan kapolres cup. Saya harap kapolres cup ini akan terus berlanjut,” pungkasnya. (BB)