Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2016, Denpasar Jadi Nominator Status Lingkungan Hidup Daera

  23 Juni 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar.Pemerintah Kota Denpasar kembali meraih Penghargaan tingkat Nasional yakni Nirwasita Tantra Award 2016 sebagai Nominator Seleksi Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD)  Tahap Kedua oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penghargaan ini diserahkan Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Lingkungan Hidup Totok Wahyudi diterima oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar AA Bagus Sudharsana, Kamis (23/6) di Kantor Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Lingkungan Hidup Totok Wahyudi  mengatakan, ini merupakan penghargaan untuk  Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yang diberi nama Nirwasita Tantra Award 2016 yang merupakan suatu penghargaan untuk  komitmen Pemerintah Daerah yang secara cerdas serta tulus ikhlas mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membangun lingkungan hidup daerah, yang diberikan oleh Pemerintah pusat kepada Pemerintah daerah baik Gubernur, Bupati/Walikota yang telah berhasil merumuskan kebijakan-kebijakan dan menerapkannya untuk lingkungan hidup yang semakin baik. 

Kriteria penghargaan ini yang berdasarkan laporan buku data yang merupakan kelengkapan data serta bagaimana penguasaan kepala daerah dalam upaya meningkatkan  lingkungan hidup, kebijakan-kebijakan pemerintah meningkatkan lingkungan hidup serta untuk mengetahui penguasaan materi, respon pemerintah, dan cara mengatasi permasalahan lingkungan hidup di daerahnya.

Totok berharap, dengan adanya penghargaan ini dapat mendorong dan memotivasi  Kepala Daerah untuk menciptakan lingkungan hidup yang semakin baik serta berupaya mendorong Pemerintah Daerah untuk bervisi pada lingkungan hidup. “Dengan diberikan penghargaan ini, kami berharap kepada Kepala Daerah agar termotivasi untuk pengelolaan lingkungan hidup ini semakin baik, tidak hanya dari buku dokumen namun kebijakan-kebijakan yang menopang program-program yang bervisi lingkungan hidup kedepan sehingga lingkungan semakin baik dan berdampak semakin baik pula untuk masyarakat” ujar Totok.

Sedangkan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Denpasar AA Bagus Sudharsana mengatakan, Ini merupakan program status lingkungan hidup yang sudah Pemkot Denpasar garap dari tahun 2015 dan dievaluasi oleh Pemerintah Pusat yang bertahap,penyerahan buku data informasi untuk pengukuran lingkungan bersih maupun kotor setelah itu mengirim program-program pemerintah Kota Denpasar dalam menekan pencemaran lingkungan.

“Kita sudah mengupayakan tindak pidana ringan kepada pembuang-pembuang sampah sembarangan, mengadakan car free day serta setiap hari Jumat menerapkan jumat bersih yang melibatkan kepala SKPD di Lingkungan Kota Denpasar  yang sangat berpengaruh untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. “ Saya sangat berterima kasih atas nama Pemerintah Kota Denpasar  yang turut membantu serta SKPD di Lingkungan Kota Denpasar dan warga masyarakat yang berkontribusi sangat besar dalam menjaga lingkungan di Kota Denpasar,” kata Agung Sudharsana. (bb)