Putra Samblong Borong Semua Juara Sampan Tradisional di Jembrana

  05 Agustus 2023 OLAHRAGA Jembrana

Ket poto: Peserta Juara I Lomba Sampan Tradisional

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Putra Samblong borong semua juara I,II dan III dalam lomba sampan tradisional menyambut HUT Kota Negara dan HUT RI 2023 yang menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer yang start di Muara samping Pura Perancak, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Jembrana dan finis di Jembatan Lingkungan Samblong, Kelurahan Sangkaragung, Jembrana.

Lomba tersebut digelar oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelontorkan total hadiah sebesar Rp. 15 juta rupiah. Untuk Juara I diraih oleh pasangan I Gede Sandi Adnyana 40 tahun bersama I Wayan Taler 60 tahun mendapatkan hadiah uang s sebesar Rp. 2,5 juta rupiah. Juara II diraih pasangan Kadek Feri Pranata 30 tahun bersama Gede Adi Kartika 33 tahun dapat hadial sebesar Rp. 2 juta rupiah, sedangkan Juara III diraih pasangan I Ketut Pariasa 51 tahun bersama Komang Sutama 54 tahun dapat hadiah sebesar Rp. 1,8 juta rupiah.

Saat dikonfirmasi Juara I sampan tradisional yang diraih oleh I Gede Sandi Adnyana (40) bersama I Wayan Taler (60) mengatakan, pihaknya merasa sangat senang telah meraih jura I sampan tradisional kali ini. “Tadi sebenarnya tidak ada persiapan apa-apa, hanya istirahat yang cukup, makan teratur, dan minum yang banyak dengan air putih,” terangnya. Sabtu (5/8/2023)

Terkait kesulitan selama mengikuti lomba Sandi mengaku, kesulitannya hanya di jalur lomba yang banyak sampah kayu sisa-sisa banjir bandang tahun lalu. “Kalau sampah pelastik memang tidak kami temukan, warga disini sering bergotong royong membersihkan sampah plastik di sungai,” ucapnya.

Sandi mengaku, dirinya setiap lomba ikut berpasrisipasi dari tahun 2017 dan terus mendapat juara. “Astungkara terus dapat juara, hanya sekali saja mendapat juara II tahun lalu,” ucapnya.

Sementara, Kadis Dikpora Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra mengatakan, Lomba Sampan Tradisional ini rutin dilaksanakan setiap tahun berkaitan dengan HUT Kota Negara dan HUT RI 2023. Peserta yang mendaftar sebanyak 48 orang. “Terkait kreteria lomba tersebut, pertama perahu harus dari kayu, bukan dari viber, 1 perahu berjumlah 2 orang, terkait umur bebas,” ungkapnya.

Dalam lomba kali ini, pihaknya menyiapkan hadiah uang dengan total Rp. 15 juta rupiah. Pihaknya juga memberi dana partisipasi untuk setiap peserta sebesar Rp. 250 ribu rupiah. “Tahuin kemarin yang mengikuti lomba sebanyak 72 orang, akan tidak semuan perahu mereka terbuat dari kayu, ada beberapa yang menggunakan viber dan hanya ikut berpartisipasi. Ada juga peserta yang sebelumnya ikut kali ini tidak ikut karena perahunya tidak layak digunakan,” jelasnya.

Lomba sampan tradisional tersebut dilepas oleh Bupati Jembrana yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra, didampingi oleh Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana dan Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja. (BB)