Purnama Karo, Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih

  16 Agustus 2016 PERISTIWA Karangasem

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Bertepatan dengan rahina Purnama Sasih Karo, Rabu (17/8) hari ini digelar upacara Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap, Besakih, Karangasem. Berbagai persiapan telah dilaksanakan menyambut upacara tersebut.
 
Seperti yang berlangsung Selasa (16/8/2016), Pemkab Klungkung selaku penyangra melaksanakan upacara Mapepada. Upacara ini bertujuan untuk menyucikan segala piranti atau sarana upacara, meliputi kerbau, kambing, babi, ayam, bebek dan lainnya. Hadir dalam upacara ini Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta dan Ny. Sri Kasta, Kementerian Agama Kabupaten Klungkung, SKPD dilingkup Pemkab Klungkung serta pemedek lainnya.
 
Upacara Mapepada diawali dengan persembahyangan bersama dipuput Ida Pedanda Gede Made Tembau dari Geriya Kulon, Aan, Banjarangkan. Selanjutnya seluruh piranti upacara disucikan sebelum nantinya diolah sebagai pelengkap sarana upacara.
 
Salah seorang panitia upacara, Dewa Ketut Soma menyampaikan, upacara Aci Pengenteg Jagat digelar setiap tahun sekali bertepatan dengan Purnama Sasih Karo. Ritual ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa alam semesta. Diharapkan, melalui pelaksanaan upacara ini mampu menjaga keseimbangan jagat. “Melalui upacara ini kita memohon keselamatan dan keseimbangan alam beserta isinya,” kata Dewa Soma.
 
Upacara Aci Pengenteg Jagat akan berlangsung hingga Sabtu (20/8) mendatang dengan upacara penyineban. Sebelumnya pada Senin, 15 Agustus lalu dilaksanakan upacara nedunang Pratima Ida Bhatara dari gedong penyineban untuk selanjutnya distanakan di Meru Tumpang Tiga di Pura Gelap, Besakih. (BB)