Puncak HKAN 2022, Menteri Siti Nurbaya Tegaskan Momentum Pulihkan SDA

  03 September 2022 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar Puncak Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 di Bali. Kali ini kegiatan nasional itu dipusatkan di Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Kabupaten Jembrana, Jumat (2/9/2022) kemarin.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr.Ir. Siti Nurbaya, M.Sc didampingi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyebutkan, peringatan HKAN 2022 mengusung tema “Amertha Taksu Abhinaya” yang berarti “Memulihkan Alam untuk Masyarakat Sejahtera”. “Maka, penyelenggaraan HKAN ke-14 tahun ini di Taman Nasional Bali Barat sangat penting sebagai langkah harmoni dengan alam,” ungkapnya.

Lelbih lanjut Menteri Siti menjelaskan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada acara puncak peringatan HKAN kali ini antara lain Jambore Konservasi Alam, Pameran Konservasi Alam dan Usama Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM), talkshow, pelepasliaran 600 ekor tukik di Pulau Menjangan, pelepasliaran 108 ekor burung Curik Bali, 3 ekor Lumba-Lumba, penanaman 2022 bibit mangrove, serta pergelaran pentas seni dan budaya konservasi alam.

Dalam acara ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan 15 Anugerah Konservasi Alam kepada 16 penerima yang dinilai terbukti telah berperan serta dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan khususnya dalam bidang konservasi sumberdaya alam dan ekosistem.

Salah satunya termasuk Kabupaten Jembrana yang berhasil meraih anugerah yang diberikan kepada Raja Jembrana VII (Ida Anake Agung Bagus Negara) yang di Wakili oleh Penglingsir Puri Agung Negara yakni Ida Anak Agung Bagus Gede Hardjawcitta Hari Sutedja menerima penganugrahan konservasi alam kategori Mitra KSDAE dari Unsur Tokoh Masyarakat Inisiator Penguatan Fungsi Kawasan Konservasi.  “Para penerima Anugerah Konservasi Alam tersebut berasal dari berbagai unsur yaitu Masyarakat, LSM, Praktisi, Badan Usaha, dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Melalui peringatan HKAN 2022 kali ini, Menteri Siti Nurbaya menegaskan, agar bersungguh-sungguh menjadikan HKAN ke-14 sebagai momentum semangat baru untuk melindungi dan melestarikan Sumber Daya Alam di Indonesia. “Untuk itu, sekali lagi saya tegaskan, kita tidak boleh lengah dan harus ada kesungguhan untuk menjaga Sumber Daya Alam (SDA) Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Salam bahagia,” tegas Menteri Siti Nurbaya.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan wilayah Taman Nasional Bali Barat (TNBB) merupakan kawasan konservasi hutan sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Jembrana. Dengan dipilihnya Kabupaten Jembrana sebagai puncak peringatan HKAN 2022, Bupati Tamba berharap dapat memberikan manfaat bagi alam dan seluruh masyarakat Jembrana dan Bali. “Melalui momentum ini, kita harapkan sebagai tonggak pemulihan Sumber Daya Alam guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Jembrana,” tandasnya. (BB)