Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK Unud Gelar PKM Lansia Sehat Lansia Bahagia

  19 Agustus 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) Angkatan 2023, menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Lansia Sehat, Lansia Bahagia”.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Gianyar. Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) Angkatan 2023, menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Lansia Sehat, Lansia Bahagia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 19 Agustus 2023, dan berlokasi di Wantilan Pura Dalem, Desa Celuk, Sukawati, Gianyar. 

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dimulai dari senam lansia, dan pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan Mata, THT dan pengobatan serta akupuntur untuk masyarakat lanjut usia di Desa Celuk, Sukawati.

Selain kegiatan yang disebutkan di atas, terdapat pula kegiatan Penyuluhan dan Promosi Kesehatan. Pada kegiatan penyuluhan kesehatan, secara langsung hadir Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran, yaitu Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, beliau memberikan penyuluhan mengenai "Pengaruh dan Efek Kapsul Ubi Ungu Pada Penggunaan Sehari- hari."

Tidak ketinggalan juga, Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga ingin memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat lanjut usia di Desa Celuk, Sukawati dengan mengadakan sesi Promosi Kesehatan. Sesi ini dimulai dengan pemaparan materi oleh dr. Ni Ketut Putri Ariani, Sp.KJ(K), dengan topik "Lansia Sehat dan Bahagia". 

Selanjutnya, topik kedua dipaparkan oleh dr. Komang Ayu Kartika Sari, MPH, dengan topik "Posyandu Lansia". Serta topik ketiga yang dipaparkan oleh dr. Marilaeta Cindryani, M.Biomed, Sp.An-TI, Subsp.TI(K), dengan topik "Bantuan Hidup Dasar". 

Sesi promosi kesehatan ini berlangsung lancar karena antusiasme warga yang sangat semangat dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Tentu saja dibalik terjadinya diskusi yang lancar tersebut, sesi promosi kesehatan ini dipandu oleh seorang moderator, yaitu dr. I Gusti Putra Eka Santosa, M.Fis.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3435-Program-Studi-Doktor-Ilmu-Kedokteran-FK-Unud-Selenggarakan-Pengabdian-Masyarakat-Lansia-Sehat-Lansia-Bahagia.html