Pohon Lapuk Rawan Timpa Pengendara di Jembrana

  21 Juli 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Petugas BPBD Jembrana cek pohon perindang sudah lapuk di jalur Denpasar Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Beberapa pohon perindang yang ada di jalur Denpasar Gilimanuk usianya sudah tua dan lapuk, hal tersebut rawan terjadinya pohon tumbang menimpa pengendara di jalur nasional tersebut. Apalagi dimusin sekarang ini cuaca tidal menentu angin kencang kerap terjadi.

Salah satu pengendara yang kerap dipanggik Gustu 24 tahun asal Desa Mendoyo Dauh Tukad mengatakan dirinya kawatir melihat beberapa pohon di pingir jalan duah tua dan lapuk. “Pohon yang sudah tua semestinya harus dipangkas atau di potong agar tidak membahayakan pengendara dan jangan sampai terjadi korban jiwa lagi. Apalagi sekarang musin angin kencang,” ujarnya. Jumat (21/8/2023).

Saat dikonfirmasi Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Putu Agus Arthana Putra mengatakan, pihaknya masih dalam tahap awal mitigasi bencana. “Kami sudah melakukan kegiatan pengecekan pohon perindang yang sudah mati/ lapuk. Pohon lapuk ini berpotensi untuk tumbang,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya melakukan pengecekan di sepanjang jalan Denpasar Gilimanuk di Kecamatan Mendoyo tepatnya Desa Pohsanten, Tegal Cangkring, Penyaringan, Yehembang Kangin, dan Yehsumbul. "Dari hasil pengecekan terdapat 19 pohon yang berpotensi tumbang dan membahayakan pengguna jalan maupun rumah penduduk yang harus segera diatensi oleh dinas terkait," ungkapnya.

Agus mengaku, sebelum arus mudik dan balik lebaran lalu sudah melakukan pemangkasan pohon perindang di sepanjang jalur Denpasar Gilimanuk. (BB)