Pesawat Super Kencang Komersial '2.335 KM Per Jam' Siap Mengudara

  22 Mei 2017 PERISTIWA International

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Pemilik maskapai Virgin Airlines, Richard Branson, baru saja mengumumkan bermitra dengan perusahaan startup pembuat pesawat supersonic, Boom Technology.
 
Mereka sedang mengembangkan pesawat supersonic komersial yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi. Mimpi memangkas waktu dari sebuah perjalanan jarak jauh hampir jadi kenyataan.
 
Boom Technology mengatakan kecepatan pesawat supersonicnya melebihi dua kali kecepatan suara. Yaitu mencapai 2.335 km per jam.
 
"Kami ingin memecahkan rekor kecepatan baru untuk sebuah pesawat terbang sipil," kata Blake Scholl, Pendiri dan CEO Boom Technology, dilansir Live Science.
 
BACA JUGA :
 
Pesawat super kencang itu diharapkan mampu melakukan perjalanan dari New York, Amerika Serikat ke London, Inggris, hanya dalam waktu 3 jam 15 menit.
 
"Membangun pesawat supersonic tidak mudah. Tapi sangat penting dilakukan. Tujuannya agar manusia bisa pergi kesuatu tempat dengan cepat," ujar Scholl.
 
Boom Technology sudah mengumpulkan dana sebesar 33 juta dolar AS atau setara Rp436 miliar untuk mengembangkan pesawat supersonic komersial.
 
Diharapkan pesawat supersonic itu sudah bisa melakukan uji coba penerbangan pertama pada tahun 2018.
 
"Pesawat supersonic ini mampu membawa penumpang sebanyak 55 orang dan ditargetkan siap terbang pada 2020. Sedangkan sertifikasi dari Federal Aviation Administration (FAA) keluar pada tahun 2030," kata Scholl.(BB/arah).