Pertama di Indonesia! Kurangi Kemacetan, Jasa Marga Bali Tol Kini Sediakan 'Mobile Drive Thru

  26 Maret 2018 EKONOMI Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk mengurangi kemacetan diruas pintu tol Bali Mandara, kini PT. Jasa Marga Bali Tol akhirnya menyiapkan terobosan baru berupa "Drive Thru Top Up" atau isi ulang uang elektronik (Unik).
 
 
Direktur Utama, PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Makarim menjelaskan, program ini dijalankan berdasarkan evaluasi yang kerap terjadi diruas pintu tol Bali mengalami kemacetan akibat para pengendara yang hendak melintas tol namun kartu elektroniknya saldo tidak mencukupi, bahkan kadang pengendara tidak memiliki kartu elektronik hendak melewati tol. 
 
"Dengan adanya pengerjaan underpass Ngurah Rai, banyak pengguna jalan tol yang baru. Dan setelah kita amati ternyata mereka tidak siap, makanya kita sediakan layanan ini (Drive Thru Top Up)," ucap Tito didampingi bank penyedia layanan serta salah satu tokoh pelopor uang elektronik yakni dr. Panca Wiadnyana, selaku General Manager area Blue Bird Group Bali-Lombok, Senin sore (26/3/2018).
 
 
Menurut Tito, padahal untuk melewati jalan tol sejak awal Oktober 2017, para pengendara dilarang melakukan pembayaran cash dan diwajibkan mesti menggunakan kartu elektronik. 
 
"Ada yang bawa kartu tapi saldonya kurang, tapi ada juga yang tidak memiliki sama sekali. Padahal kalau semuanya lancar standar kita untuk transaksi hanya 2 detik, tapi karena persoalan lain bisa mencapai 3 menit," ungkapnya. 
 
 
Untuk itulah, Tito menjelaskan bahwa bisa dibayangkan kalau para pengendara saat waktu transaksi dipintu tol memakan waktu 3 menit tentu akan menimbulkan antrian. 
 
 
"Jadi dengan adanya layanan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi digerbang tol. Masyarakat yang hendak melewati tol diharapkan memanfaatkan layanan ini agar tidak menimbulkan kemacetan di pintu gerbang tol," harapnya.
 
 
Sementara, Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana yang turut hadir disela peresmian "Drive Thru Top Up" atau isi ulang uang elektronik di ruas jalan tol Bali Mandara, Denpasar menilai pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak PT. Jasa Marga Bali Tol dengan menghadirkan layanan isi ulang yang bisa bergerak (mobile). 
 
"Langkah yang diambil JBT ini bisa dikatakan untuk mengurangi kemacetan bagi pengguna jalan yang tidak siap dengan saldo yang tersedia," kata Causa. 
 
Terobosan ini menurut Causa patut dihargai karena pengadaan drive thru ini baru pertama kali di Indonesia. Dia berharap kedepannya di dua gerbang lainnya juga disediakan mobile drive thru seperti yang ada di gerbang tol Benoa. 
 
"Mudah mudahan di gerbang tol Ngurah Rai juga Nusa Dua disediakan Mobile drive thru seperti di Benoa ini," pintanya.
 
 
 
Causa juga tidak menampik jika keberadaan mobile drive thru dalam rangka menyambut annual meeting IMF-WB yang akan berlangsung bulan Oktober 2018 mendatang. Untuk itu, Causa juga dalam kesempatan ini menegaskan akan menghimbau perbankan untuk berpartisipasi dalam program top up ini. 
 
"Akan ada 15 ribu orang lebih yang akan memenuhi pulau Bali pada saat IMF-WB, sehingga diperlukan sarana ataupun prasarana yang memadai demi lancarnya transportasi nantinya, salah satunya yang pengadaan mobile drive thru ini," tutup Causa.(BB).