Perayaan HUT 1 Tahun Tamba Ipat Diwarnai Lounching Jembrana Satu Data Dari Desa

  27 Februari 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati dan Wakil Bupati Tamba- Ipat mendampingi Menteri Desa RI melalui Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan Deputi bidang statistik sosial RI,  Ateng Hartono saat perayaan HUT 1 tahun di Angkringan Negaroa.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Perayaan HUT 1 Tahun kepemimpinan dan pengabdian Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna diwarnai dengan dilauncingnya Pencanangan Desa Mandiri Bahagia Jembrana Satu Data Dari Desa yang merupakan yang pertama di Indonesia dan Kabupaten Jembrana pertama di Bali sebagai contoh dari desa seluruh Indonesia

Perayaan tersebut juga di hadiri oleh oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan Deputi bidang statistik sosial RI,  Ateng Hartono serta di hadiri Forkopimda Jembrana dan seluruh OPD Pemkab Jembrana bertempat di Angkringan Negaroa Terminal Kaliakah dengan prokes yang secara ketat.

Sebelumnya, menjelang acara HUT 1 Tahun tersebut, Tamba Ipat mendapatkat kado special yaitu atas kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno Kasal Laksamana TNI Yudo margono dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Kedatangan dari pejabat pemerintah tersebut membawa bebagai bantuan yang sudah di ajukan sebelumnya melalui proposal yang dibawa Bupati dan Wakil Bupati Jembrana langsung ke Jakarta

Di puncak acara kado special yang diberikan oleh Menteri Desa RI melalui Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan Deputi bidang statistik sosial RI,  Ateng Hartono langsung melouncing pencanangan Desa Mandiri Bahagia Jembrana Satu Data Dari Desa tersebut merupakan program pertama yang ada di Indonesia dan satu-satunya Kabupetan Jembrana diseluruh Bali yang menerapkan program tersebut sebagai contoh kedepan dari desa lainnya di seluruh Indonesia. Diakhir acara juga melaouncing Pembayaran Online Puskesmas I Jembrana, kemudian menyerahkan batuan Pendidikan Kepada Murid SD dan SMP, serta menyerahkan Paket Makanan Kepada Lansia.

Selain ini juga diadakan penandatanganan MOU dengan Gesits sebagai awal dari pengembangan pabrik motor listrik di Kabupaten Jembrana. Perayaan 1 tahun kepemimpinan dan pengabdian Tamba Ipat dilaksanakan di Angkringan Negaroa Terminal Kaliakah yang dihadiri juga seluruh Forkopimda Jembrana serta OPD Jembrana dengan prokes yang ketat, dan sebelumnya juga meresmikan Uji KIR Jembrana jadinya warga Jembrana tidak jauh-jauh lagi Uji KIR kendaraanya.

Saat dikonfirmasi awak media Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi oleh Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna mengatakan, dalam 1 tahun kepemimpinanya, pihaknya berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh untuk membangun Jembrana. “Hari ini mungkin masyarakat Jembrana belum bisa melihat hasilnya secara nyata mohon itu bisa dimaklumi, seperti bayi baru bisa belajar merangkak, akan tetapi berilah kami waktu ditahun kedua ini, kita sudah mulai start berjalan dengan baik, contohnya, kami bisa menarik dana-dana pusat, investasi sudah mulai masuk dan ini membutuhkan waktu dalam pembangunan,” terangnya. Sabtu (26/2/2022)

Selama satu tahun ini, lanjut Tamba, pihaknya sudah berusaha bekerja sunguh-sungguh untuk membangun Jembrana. Untuk APBD tahun ini sudah ada gerakkan dengan sangat serius, sehingga masyarakat cepat bisa bekerja, ekonomi bisa bergerak. “Untuk sektor ekonomi pelan-pelan bangkit dengan positif. Degrasi kita tidak terlalu tajan biarpun dimasa pandemi. Pandemi ini membuat suatu tantangan tersendiri buat kita, akan tetapi banyak opportunity yang kita dapatkan dari sini, artinya dulu otak kita malas dan sekarang dengan tantangan di tengah pandemi otak kita menjadi rajin kita maksimalkan apa yang harus kita kerjakan,” ujarnya.

Dalam hal ini, imbuh Tamba, pihaknya tidak diam, harus adaptasi dengan menghadapi situasi dengan bergerak cepat. “Dengan semangat kami, kita keluar dari Jembrana mengunjingi bapak-bapak kita yang ada di pemerintah pusat. Dari apa yang kami lakukan selama ini melobi investor akhirnya salah satu pabrik besar yang menyerap ribuan tenaga kerja yang dibangun di Desa Penyaringan tanggal 23 Maret 2022 mendatang sudah mulai peletakan bantu pertama (ground breaking). Selain itu di  sektor budidaya tambak udang vaname yang sudah dibangun adalah sebagai percontohan kunjungan dari pada setiap kabupaten atau provinsi terbuti kemarin selain Bapak Menko Marves Luhut juga dikunjungi oleh bapak Menparekraf Sandiaga Uno dan bapak Kasal TNI dan hari ini bapak Wamed juga hadir,” imbuhnya.

Lebih jelasnya Bupati yang dikenal lincah ini mengatakan, dengan berbagai kunjungan selama ini daro pemerintah pusat artinya Kabupaten Jembrana sudah dilirik. Pihaknya punya konsep yang jelas, struktur yang bisa di wujudkan kedepan. “Ini Cuma butuh waktu, saya selalu optimis dan juga saya tidak pernah lelah membangun Jembrana dan akan membahagiakan masyarakat Jembrana akan tetapi tentunya tidak semua bisa di sama ratakan, akan tetapi paling tidak ekonomi berjalan. Saya mohon doa restu bersama bapak Ipat segala kekurangan dan segala yang belum kami capai mohon beri kami waktu. Kami akan kejar terus target ini, sehingga kami berdua apa yang dicanangkan yang menjadi visi misi kami menuju Jembrana Bahagia sesuai dengan Tri Hita Karana dan mudah-mudahan bisa kami capai bersama,” harapannya.

Sementara Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna berterimakasih atas dukungan selama ini kepada masyarakat yang tetap bisa mendukung dalam melaksanakan pemerintahan ini. “Kami mohon maaf disegala kekurangan kita tetap berusaha untuk bagaimnana memenuhi apa yang menjadi visi misi kami,” tutupnya.