Penjualan iPhone di China Merosot ke Peringkat 5

  11 Juli 2016 EKONOMI International

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Sebuah laporan menunjukkan bahwa penjualan iPhone di China menurun pada Mei 2016. Di bulan tersebut, iPhone hanya mampu menempati urutan kelima sebagai smartphone terlaris di Negeri Tirai Bambu itu.

Laporan dari Counterpoint Reseach yang dilansir oleh Bloomberg mencatat penjualan iPhone di bulan Mei 2016 hanya 10,8% atau turun dari 12% dibandingkan bulan yang sama di tahun 2015.

Raihan itu pun menempatkan Apple --selaku produsen iPhone-- di urutan kelima penjualan smartphone di China di bawah Huawei, Vivo, OPPO, dan Xiaomi, yang notabene merupakan manufatur lokal di negara tersebut.

Sementara itu, Huawei sebagai pemimpin pasar di China mampu mencatat penjualan smartphone mencapai 17,3% di bulan yang sama.

Selain ketatnya persaingan di pasar, penurunan pengiriman iPhone ke China juga dipicu sejumlah aturan dan merek dagang yang membatasi pergerakan Apple.

China bahkan telah menutup iBooks Store dan iTuens Movies hanya dalam enam bulan setelah dua layanan tersebut diluncurkan di negara itu. (BB/inilah).