Pendaftaran Siswa SMP di Jembrana Lebihi Kapasitas, Dikpora Tambah Daya Tampung

  30 Juni 2023 PENDIDIKAN Jembrana

Ket poto : SMP Negeri 1 Negara

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Beberapa sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Jembrana dalam penerimaan siswa baru beberapa waktu lalu, beberapa sekolah mengalami kelebihan kuota, sehingga diterpkan Standar Pelayanan Minimal (SPM),

Hal tersebut bertujuan untuk penambahan siswa per robongan belajar hingga maksimal empat siswa atau 36 siswa, dibandingkan kapasitas sebelumnya yang hanya dapat menampung 32 siswa. Adapun di SMP Negeri 3 Mendoyo di Yehembang, dilakukan penambahan satu rombongan belajar.

Sesuai data yang diperoleh, terdapat 7 SMP Negeri di Jembrana yang mengalami kelebihan kuota, yaitu SMPN 1 Negara, SMPN 2 Negara, SMPN 5 Negara, SMPN 3 Melaya, SMPN 2 Mendoyo, SMPN 3 Mendoyo, dan SMPN 4 Mendoyo. Sementara itu, SMP Swasta hingga saat ini hanya sedikit mendapatkan siswa.

Kepala Dinas Dikpora Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra, menjelaskan bahwa penerapan SPM ini telah disetujui, termasuk penambahan satu rombongan belajar di SMP Negeri 3 Mendoyo. "Di SMP yang sebelumnya membuka tujuh rombongan belajar atau menampung 224 siswa, kini ditambah satu rombongan belajar," jelasnya. Jumat (30/6/2023).

Ia juga menambahkan bahwa meskipun terdapat penambahan rombongan belajar, jumlah siswa per rombongan tetap 32 siswa. Terdapat satu ruangan yang memenuhi syarat untuk menambah kelas baru. Dengan demikian, total siswa yang akan menempuh pendidikan di SMP Negeri 3 Mendoyo adalah sebanyak 256 siswa," tambahnya.

Lebih lanjut, Anom menyatakan bahwa pada tujuh SMP Negeri lainnya, diterapkan penambahan daya tampung siswa per kelas (rombongan belajar). "Dari sebelumnya 32 siswa, jumlahnya diperbesar menjadi maksimal 36 siswa per rombongan belajar. Dengan demikian, kelebihan pendaftar di masing-masing SMP Negeri dapat tertampung. Tidak ada siswa yang harus bersekolah di tempat yang jauh dari rumah mereka," tutupnya.