Penandatangan PKS Fakultas Pertanian Unud dengan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta

  12 Januari 2024 PENDIDIKAN Denpasar

Ket Foto: Perkuat kerjasama dalam bidang akademis, Fakultas Pertanian Universitas Udayana dan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber: Unud.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Dalam rangka memperkuat kerjasama dalam bidang akademis, Fakultas Pertanian Universitas Udayana dan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Kuliah Tamu, Jumat (12/01/2024). 

Penandatanganan ini menjadi simbol resmi dari komitmen bersama kedua belah pihak yang meliputi Kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan dengan tujuan pengembangan dan peningkatan mutu Pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia melalui kegiatan Pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, SP., M.Agr. dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Indonesia. Rombongan dari UMS yang hadir dalam acara penandatanganan PKS ini adalah Dekan Fakultas Geografi UMS yaitu Jumadi, S.Si., M.Sc., PhD didampingi oleh para wakil dekan serta beberapa orang dosen. 

Hadir pula Wakil Dekan bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Pertanian Unud, I Putu Sudiarta, S.P., M.Si., PhD, dan Koordinator Program Studi Agroekoteknologi, Dr. Ida Ayu Putri Darmawati, S.P., M.Si, yang sama-sama memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini. 

Penandatanganan PKS dirangkaikan dengan acara Kuliah Tamu dengan tema "Pengolahan Daya Drone dan Pemodelan Spasial". Adapun pembicara dalam Kuliah Tamu adalah Aditya Saputra, S.Si., M.Sc., PhD, Wakil Dekan Fakultas Geografi UMS, memberikan paparan mendalam tentang Pengolahan Data Drone dan menguraikan bagaimana teknologi drone dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek geografi, serta potensi besar yang dimilikinya dalam penelitian lapangan. 

Pembicara kedua yaitu Jumadi, S.Si., M.Sc., PhD, yang merupakan Dekan Fakultas Geografi UMS membawakan topik Pemodelan Spasial yang menggambarkan pentingnya pemodelan spasial dalam memahami dan menangani berbagai isu lingkungan serta perencanaan wilayah.

Kegiatan ini berlangsung dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WITA dan dihadiri oleh dosen, mahasiswa, serta praktisi di bidang geografi dan pertanian. Acara yang berlangsung di Ruang Senat Fakultas Pertanian Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Denpasar ini tidak hanya menjadi ajang berbagi pengetahuan tetapi juga menandai dimulainya kolaborasi penting antara kedua institusi pendidikan tinggi tersebut. 

Melalui kegiatan ini, UMS dan FP UNUD berharap dapat meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan, sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. (BB/212)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4274-Penandatangan-PKS-Fakultas-Pertanian-Unud-dengan-Fakultas-Geografi-Universitas-Muhammadiyah-Surakarta.html