Pemkot Denpasar Serahkan 290 Sertifikat Kompetensi Bidang Kepariwisataan

  27 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata menyerahkan 290  Sertifikat Kompetensi yang diberikan kepada para pekerja hotel dan restoran serta pemandu wisata, pada Selasa (27/6). 

Diadakan di Gedung Dharma Negara Alaya, acara ini juga dirangkaikan dengan talkshow yang banyak membahas soal seluk beluk sertifikasi kompetensi, terutama dalam bidang kepariwisataan. 

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty memaparkan, sertifikasi kompetensi ini adalah upaya Pemkot Denpasar untuk mendorong kebangkitan parwisata Kota Denpasar. 

"Melalui pemberian sertifikasi kompetensi bagi para pekerja hotel dan restoran serta pemandu wisata ini, kita harapkan SDM di pariwisata memiliki kemampuan kompetensi sesuai bidangnya. Ini adalah  indikator untuk merealisasi pariwisata berkualitas di Kota Denpasar," ungkap Laxmy Saraswaty. 

Adapun Sertifikasi Kompetensi Pariwisata di bidang kepariwisataan, bagi tenaga kerja lanjut Laxmy Saraswaty bertujuan membantu tenaga profesi agar dapat meyakinkan organisasi, industri, ataupun kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa.

"Selain itu, kita harapkan melalui sertifikasi ini juga dapat membantu tenaga profesi dalam merencanakan karirnya, dan  juga dari sisi pemenuhan persyaratan regulasi," imbuh Laxmy Saraswaty.

Ketua Panitia acara yang juga Kabid Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Disparda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana dalam laporannya menjelaskan, penyerahan sertifikasi kompetensi ini adalah lanjutan dari rangkaian uji kompetensi yang telah 
dilakukan Maret 2023 lalu. 

"Sebelumnya kita telah melaksanakan ujian kompetensi pada Maret 2023 lalu. Hari ini kita serahkan 200 sertifikat kompetensi pada pekerja hotel dan restoran, serta 90 sertifikat pada pemandu wisata  Denpasar. Kami bekerja sama dengan 
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang berlisensi," terang Hendaryana. 

Salah seorang penerima sertikat kompetensi, yakni I Gede Sani Suarnata yang kesehariannya bekerja sebagai respsionis di salah satu hotel di kawasan Sanur. Ia berterima kasih atas  penyelenggaraan sertifikasi kompetensi ini yang telah diselenggarakan oleh Pemkot Denpasar ini. 

"Terima kasih atas penyelenggaraan Sertifikasi dan Kompetensi. Ini adalah fasilitas yang diberikan secara gratis oleh Pemkot Denpasar. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi karir saya di bidang pariwisata," ungkap Sani. (Rls/BB)