Pemkab Kutai Kartanegara Kunjungi Kota Denpasar, Pelajari Program Ketahanan Pangan dan B2SA

  16 November 2023 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Denpasar, Menyandang predikat  Indeks Ketahanan Pangan Terbaik I Tingkat Nasional di Tahun 2022, Kota Denpasar menjadi destinasi kunjungan kerja dan studi tiru sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan beberapa anggota TP PKK kabupaten setempat, pada Kamis (16/11). 

Rombongan studi tiru ini diterima oleh Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana didampingi Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kota Denpasar, yang dibacakan oleh Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, disebutkan pemenuhan pangan adalah komponen dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dengan syarat beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA). Di Kota Denpasar sendiri, kegiatan B2SA masih tergolong baru. Kendati demikian, Pemkot Denpasar terus menggencarkan pelaksanaan B2SA, dengan berbagai kegiatan dan dijadikan program rutin instansi di lingkungan Pemkot Denpasar.

"Selain program rutin, B2SA juga mendapatkan dukungan dari stakeholder, baik pemerintah pusat maupun lembaga internasional Rikolto yang dituangkan dalam penandatanganan MoU atau Pakta Milan," katanya. 

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa dalam kesempatan yang sama menguraikan, dalam merealisasi ketahanan pangan di Kota Denpasar, terdapat 4 langkah strategi yang dilaksanakan. 

"Program yang dimaksud yakni, program Pangan Beragam dengan melalui edukasi masyarakat untuk mengkonsumsi pangan bergizi, Promosi Pangan Lokal Berkualitas, Distribusi Pangan Aman dan juga peran serta masyarakat dalam mendukung pelaksanaan B2SA di Denpasar," urainya. 

Sementara itu, Sekretaris TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara, Sri Novi Hartati  mengungkapkan, kunker ini dimaksudkan untuk mempelajari program ketahanan pangan yang ada di Kota Denpasar. 

"Keberhasilan Kota Denpasar, sebagai penerima penghargaan Terbaik I Indeks Ketahanan Pangan Tingkat Nasional di Tahun 2022, membuat kami ingin mempelajari program ketahanan pangan yang ada di Kota Denpasar, agar bisa menjadi referensi kami untuk program B2SA di Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya. (Rls/BB)