Jelang Tawur Agung Kesanga

Pemkab Bangli Gelar Mapepada Wewalungan

  15 Maret 2018 PERISTIWA Bangli

Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Bertepatan dengan Wrespati Wage Watugunung, Kamis (15/3) pemerintah Kabupaten Bangli menggelar Mapepada Wewalungan serangkaian upakara Tawur Agung Kesanga di Catus Pata Bangli. 
 
Upakara ini juga dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.hum dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli.
 
Kabag Kesra Setda Bangli Jro Penyarikan A. Widata, S.Ag.,M.Ag. mengatakan, Mapepada Wewalungan merupakan ritual untuk pembersihan dan menyucikan secara niskala Wewalungan (hewan kurban) sebelum disembelih untuk dijadikan sarana upakara. 
 
 
Dalam ritual ini Wewalungan seperti kebo, sapi, kambing, babi, angsa, itik dana ayam pengideran dituntun untuk mengelilingi catus pata sebanyak tiga kali.  
 
 
Lanjut Jero Widata, Mapepade Wewalungan merupakan rangkaian dari upakara Tawur Agung Kesanga yang akan digelar besok ditempat yang sama, sebelum menyambut perayaan hari suci tahun baru Caka 1940. Adapun prosesi  upakara Mapepade diawali dengan ngaturang Penglukatan, Ngayab, Pekideh Wewalungan, Pemuspaan dan puncaknya ngolah Wewalungan untuk sarana upakara Tawur Kesanga. 
 
 
Sedangkan bhakti yang dihaturkan berupa bebangkit dan soroan yang dipuput oleh Ida Empu Giri Nata dari gria Penida Gede, Banjar Nyalia, Kelurahan Kawan Bangli dan Ida Sri Empu Pande Dharma Dasi dari Gria Tamanbali, Bangli. 
 
“Kita berharap dengan pelaksanaan yadnya ini, seluruh alam semesta beserta isinya diberikan keselamatan oleh Ida Sanghyang Widhi Wasa," demikian kabag Kesra.(BB)