PAUD Jadi Dasar Kreativitas Anak

  08 Mei 2016 PERISTIWA Badung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diyakini penting menjadi dasar dalam mengembangkan kreativitas anak.

"Ini sangat penting karena, dengan adanya PAUD diyakini mampu menggali potensi anak sesuai minat dan bakatnya, sehingga terus berkembang secara optimal," ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam siaran persnya di Mangupura, Minggu (8/5/2016).

Dalam menggali potensi dan kreatifitas anak, Giri Prasta sangat mendukung kegiatan lomba tari sekar jepun, lomba "bleganjur" dan lomba "darma wacana" Bahasa Bali untuk PAUD di daerah yang sudah digelar pada Sabtu (7/5) lalu.

"Kami sangat apresiasi dalam upaya ini, karena pendidikan karekter dan kreativitas anak harus dimulai sejak dini," katanya.

Selain itu, kegiatan lomba PAUD juga dapat dijadikan media pengembangan, pembelajaran dan menumbuhkan ide-ide inovatif anak didik, sehingga diyakini mampu mencetak generasi muda berkarakter dan berbudaya.

Bupati menambahkan dalam RPJMD Badung Tahun 2016-2021, pemerintah setempat akan memasukkan PAUD dalam tatanan pola pembangunan nasional semesta berencana, mulai hulu sampai hilir.

Kadisdikpora Badung Widia Astika menambahkan pendidikan usia dini memiliki peranan penting untuk karakter anak yang bermoral, berahlak mulia, kreatif, inovatif dan kompotitif.

"Pendidikan usia dini merupakan pondasi dasar dalam upaya meningkatkan kreatifitas anak usia dini," ujarnya.
Ia mencatat, untuk jumlah anak didik mulai dari PAUD, kelompok bermain tempat peninipan anak, taman kanak-kanan (TK) di Kabupaten Badung berjumlah 14.457 orang anak. (bb/ant)