Napak Tilas Pak Harto, Setnov Panen Raya di Subak Rejasa

  16 Oktober 2016 PERISTIWA Tabanan

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) tampaknya ingin napak tilas kesuksesan Golkar dengan ikon mendiang Soeharto. Setnov bersama masyarakat melakukan panen raya Padi di Subak Rejasa,  Banjar Rejasa Kelod, Desa Rejasa, Kecamatan Penebel, Tabanan, Minggu (16/10/2016).
 
Panen raya tersebut diakui sebagai bentuk napak tilas, untuk mengenang dan mengulang kembali sejarah yang pernah ditorehkan oleh Partai Golkar di Subak Rejasa. Terpilihnya panen raya di lokasi ini, karens Subak Rejasa juga sebagai Warisan Budaya Dunia.
 
Ketua Panitia yang sekaligus Ketua DPD Golkar Tabanan I Ketut Arya Budi Giri (ABG) dalam menyampaikan bahwa dipilihnya Kecamatan Penebel sebagai tempat dilaksanakan panen raya di Subak Rejasa. Karena sudah melalui perencanaan yang sekaligus ingin mengenang sejarah dan mengulang kembali sejarah yang pernaah ditorehkan disubak Rejasa. 
 
Hal tersebut dikarenakan subak Rejasa pernah menjadi juara 1 kelompok petani se-Indonesia pada tahun 1979. Pada saat itu Presiden Soeharto mengundang anggota subak. Kemudian pada tahun 1982 Pak Harto melaksanakan panen padi langsung di Subak Rejasa. 
 
"Kami sangat berterimakasih kepada bapak Ketua Umum yang berkenan hadir disini, Kami berharap panen raya ini dapat menjadi penyemangat untuk meningkatkan produksi panen, ditengah berkurangnya lahan dan minat generasi muda terhadap pertanian, Unesco sudah menetapkan subak sebagai warisan  budaya dunia, sehingga subak harus dilestarikan, setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, terjadi peningkatan kunjungan yang sangat drastis, Kontribusi kunjungan ini tentu memberikan pemasukan bagi subak yang masuk dalam WBD," ucap ABG. 
 
Ketua DPD Golkar Bali I Ketut Sudikerta dalam sambutannya menyampaikan bahwa panen raya ini merupakan wujud komitmen Partai Golkar. Untuk menjaga ketahanan pangan di Provinsi Bali. 
 
Bukti ketahanan pangan bisa kita rasakan setelah Provinsi Bali dinobatkan sebagai daerah dengan ketahanan pangan terbaik se Indonesia Timur. Saat ini Pemprov Bali sedang meningkatkan sektor pertanian. Dengan memperbaiki infrastruktur pertanian. Seperti saluran irigasi serta pembangunan Waduk untuk menjaga kebutuhan air. 
 
 
"Provinsi juga terus meningkatkan daya tarik pertanian serta peningkatan produksi pertanian, melalui bantuan bibit unggul, Selain itu juga ada bantuan2 alat pertanian seperti alat bajak, alat panen dan alat2 lainnya. yang paling pokok yang perlu kita perbaiki adalah sumber daya manusia, infrastruktur, sarana dan prasarana," ucap Sudikerta. 
 
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dalam menyampaikan bahwa dirinya sangat berbahagia. Karena bisa bersama - sama petani bisa melaksanakan panen raya. Selama 100 hari dirinya berkeliling terus di seluruh Indonesia dan bertemu dengan masyarakat dan para petani untuk mendengar aspirasi masyarakat.
 
"Subak ini pernah ditinjau oleh Pak Harto dan  diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia serta bukti prestasi subak Rejasa, ini luar biasa," puji Setnov.
                                             
Setnov melihat bahwa para petani bertani melihat hari baik, menanam dengan baik, memelihara dengan baik. "Maka hari ini kita panen raya 2016, sebagai Partai Golkar dengan lambang Beringin serta padi dan kapas, menjadi bukti, bahwa Partai Golkar sangat erat dan peduli dengan rakyat," ujarnya. 
 
Sementara itu, Ketua Forum Pekaseh Catur Angga Batukau I Nyoman Sutama, mengungkapkan seluruh subak di Penebel yang berjumlah 20 subak ikut hadir. Sutama mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar yang sudah mengadakan panen raya di Rejasa. 
 
"Ya tentu karena kami dari subak mendukung dan mengucapkan terima kasih, dan kegiatan seperti ini perlu digalakkan, tapi bagaimana intinya supaya semua kegiatan menyentuh kehidupan masyarakat kami kususnya di pertanian," ucap Sutama. 
 
Sutama juga berharap, kegiatan panen raya kedepannya bisa terus berlanjut dan para petani diperhatikan kedepannya. (BB/SD)