Mih Ratu! Jadi Lintasan Maling Pasir Laut, Jalan Kabupaten Hancur Lebur

  04 September 2016 OPINI Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Kondisi jalan kabupaten di timur SMKN 5 Jembrana dan di barat Gor Pekutatan ke selatan kondisinya sejak lama hancur lebur dan hingga kini jalan itu tak kunjung diperbaiki.
 
Menurut warga sekitar, kerusakan jalan sepanjang hampir satu kilometer tersebut telah terjadi sejak tiga tahun lebih. Hampir seluruhnya badan jalan yang sebelumnya berhotmix tersebut terkelupas dan menyisakan lubang-lubang berukuran besar.
 
Krikil-krikil dan pasir juga berserakan di jalan tersebut sehingga menimbulkan kerawanan lalu lintas. Padahal jalan tersebut sangat ramai dilintasi kendaraan bermotor. Apalagi ratusan siswa-siswi SMKN 5 Negara tiap hari lalu lalang di jalan tersebut.
 
"Jalan ini dulu menjadi lintasan truk pengangkut pasir laut. Karena pasir laut berat jadinya jalan menjadi rusak parah," ucap salah seorang warga setempat yang tak mau namanya disebut, Minggu (4/9/2016).
 
Disamping truk-truk penggangkut pasir laut lewat jalan tersebut, kendaraan lain mengangkut hasil panen warga juga kerap melewati jalan tersebut sehingga jalan cepat rusak. 
 
"Kapasitas jalan itu tidak kuat menanggung beban terlalu berat sehingga jalan itu cepat rusak," imbuh warga lainnya.
 
Namun menurut sebagian besar. warga, faktor utama yang menyebabkan jalan tersebut cepat rusak adalah terlalu seringnya truk-truk pencuri dan pengangkut pasir laut melintas di jalan tersebut. 
 
"Hingga sekarang masih ada kok truk pengangkut pasir laut melintas. Tapi jumlahnya jauh berkurang dan secara sembunyi-sembunyi," ungkap warga.
 
Terkait hal ini, Perbekel Pekutatan Gede Silagunada dikonfirmasi awak media membenarkan kondisi jalan tersebut rusak parah akibat dulunya menjadi lintasan truk-truk pengangkut pasir laut.
 
"Tapi sekarang sudah tidak ada lagi yang berani melakukan penambangan pasir laut. Tapi truk dan kendaraan lain juga sering lewat jalan itu untuk mengangkut hasil bumi," dalihnya.
 
Menurutnya, jalan tersebut merupakan jalan kabupaten dan kewenangan untuk melakukan perbaikan adalah pihak kabupaten. Namun menurutnya hanya jalan tersebut yang belum diperbaiki, sedangkan yang lainnya sudah semua diperbaiki.(BB).