Menteri PPPA RI, Bintang Pupayoga Hadiri Perayaan HUT ke-78 RI oleh IGTKI di Kota Denpasar

  26 Agustus 2023 TOKOH Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Denpasar menggelar perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan semarak acara bertajuk 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Memupuk Persatuan dan Kesatuan Dalam Keberagaman Sejak Usia Dini'. Perayaan yang dihadiri langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati bersama 1.500 siswa TK/PAUD dari berbagai wilayah Kota Denpasar di Lapangan Taman Kota Lumintang Denpasar Sabtu (26/8).

Tampak antusiasme peserta terpancar jelas dalam mengikuti berbagai aktivitas. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Bunda PAUD Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Rangkaian acara dimulai dengan Pelepasan Parade Merah Putih dan Parade Sepeda Hias, yang dilanjutkan dengan serangkaian lomba dan kreasi guru serta orang tua. Adapun beberapa lomba turut digelar, diantaranya lomba memasukkan paku ke dalam botol dan lomba mewarnai yang menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Namun, yang paling dinanti-nantikan adalah pembagian door prize yang dipimpin langsung Menteri PPA RI, Bintang Puspayoga.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang Darmawati memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Denpasar atas upaya berkelanjutan dalam melibatkan anak-anak TK/PAUD dalam peringatan ini. Ia menyatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat produktif dalam memberi ruang bagi anak-anak untuk berkreasi dan bermain, sesuai dengan usia mereka yang masih dalam tahap bermain.

"Selamat untuk kegiatan hari ini dan terima kasih untuk Bunda PAUD Kota Denpasar serta IGTKI Kota Denpasar. Mudah-mudahan kegiatan ini memiliki tindak lanjut untuk memberikan kesempatan dan ruang yang aman dan nyaman bagi bermain, karena mereka adalah generasi penerus kita ke depan," ucap Menteri Bintang Darmawati.

Tak hanya memberikan apresiasi, Bintang Puspayoga juga memberikan selamat kepada para juara dan memberikan dukungan bagi mereka yang belum meraihnya. Pihaknya mendorong mereka untuk terus berkarya, berinovasi, dan rajin belajar. Sehingga kedepannya dapat terus tumbuh menjadi generasi anak bangsa yang berdaya saing.

Bunda Paud Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Menteri Bintang Darmawati atas dukungannya dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI di Kota Denpasar. Kehadiran Menteri PPA RI menjadi sumber kebahagiaan bagi semua peserta.

"Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan, semoga kegiatan ini dapat selalu mendukung kemajuan di Kota Denpasar, khususnya dalam bidang pemberdayaan perempuan dan anak," ucap Antari Jaya Negara

Antari Jaya Negara juga menegaskan kesiapannya untuk melanjutkan kegiatan  ini secara berkelanjutan. Bahkan, pihaknya telah mengusulkan agar kegiatan ini dapat dianggarkan dalam APBD Kota Denpasar. Hal ini mengingat pentingnya kegiatan ini dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI serta mengajak anak-anak untuk aktif berpartisipasi dalam perayaan nasional, memupuk rasa cinta tanah air, dan merayakan semangat kemerdekaan Indonesia melalui berbagai kegiatan kreatif dan edukatif.

Ketua IGTKI Kota Denpasar, Ni Nyoman Puspitawati Yasa S.Pd AUD menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini dan guru dalam berkreasi dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diarahkan untuk menanamkan semangat cinta tanah air, mengasah kreativitas dan keberanian, serta mendorong anak-anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk peningkatan kreativitas dan profesionalisme dalam pengembangan kreativitas bagi guru dan anak-anak TK di Kota Denpasar," ungkapnya. (Rls/BB)