Masih Ketombean? Cegah dan Atasi Dengan Cara Berikut Ini!

  23 Oktober 2016 KESEHATAN Nasional

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Baju kamu kotor akibat ketombe yang sering berjatuhan? Ups, malu dong kalau hari gini masih ketombean. Mungkin kamu juga sudah mencoba berbagai merk sampo anti ketombe, tapi ketombe tak jua hilang. 
 
Sekarang tidak perlu cemas! Kamu bisa mengusir ketombe dan mencegahnya datang kembali dengan beberapa cara alami berikut.
 
 
Inilah Tips Ampuh Mengatasi Ketombe Anda
 
1. Lidah Buaya
 
 
Lidah buaya bisa mengatasi semua permasalahan rambut, salah satunya untuk mengatasi ketombe. Sifat anti bakterial dan anti jamur yang dikandung lidah buaya ini jitu mengusir ketombe. 
 
Cukup oleskan lidah buaya pada kulit kepala selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo. Lakukan hal ini dua kali seminggu. Nah, efek menyejukkan dari lidah buaya juga akan menyejukkan kulit kepalamu. Tak hanya itu, rambutmu pun akan lebih lembut.
 
 
2. Baking Soda
 
 
Bahan dapur yang satu ini bisa berfungsi sebagai scrub untuk mengurangi jamur penyebab ketombe. Caranya pun tak perlu ribet. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan sampo di telapak tangan. 
 
Kemudian gunakan campuran tersebut untuk keramas. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih dengan air dingin.
 
 
3. Tea Tree Oil
 
 
Tea tree oil juga sebenarnya ampuh mengusir ketombe loh. Tak hanya ampuh memberantas jerawat, tea tree oil memiliki antiseptik dan antibiotik alami sehingga bisa mengusir ketombe. 
Cukup campurkan tea tree oil dengan sampoo saat keramas. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas.
 
 
Sementara, Inilah Tips Mujarab Mencegah Ketombe Anda
 
Nah, agar ketombe tidak kembali lagi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.
 
 
1. Memperbaiki pola makan.
 
 
Pola makan memiliki peranan penting dalam mencegah ketombe. Makanlah sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan berminyak dan makanan olahan. 
 
Selain itu, konsumsi makanan seperti kubis, telur dan bawang yang mengandung belerang untuk mengobati ketombe.
 
 
2. Pijat Kepala
 
 
Pijatan kepala akan membantu menghambat datangnya ketombe. Pijat kulit kepala secara teratur dengan minyak zaitun yang telah dihangatkan. 
 
Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk hangat selama 1 jam. Lakukan seminggu sekali dan rasakan kulit kepala yang lembab dan terhindar dari ketombe.(BB/Ayu Wulandari).