Mantap! Menuju Swasembada Pangan, Dandim 1617/Jembrana Ikut Panen Ubinan

  28 Februari 2018 EKONOMI Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Guna mewujudkan swasembada pangan di Jembrana, jajaran Kodim 1617/Jembrana konsisten melakukan pendampingan terhadap petani dan kelompok tani yang ada di Jembrana.
 
 
Babinsa sebagai ujung tombak pendampingan terhadap petani dan kelompok tani, diharapkan tidak segan-segan turun langsung ke sawah membantu petani dalam pengolahan lahan pertanian. Jika petani menemui kendala, Babinsa diharapkan segera berkordinasi dengan penyuluh pertanian agar mendapatkan solusi permasalahan tersebut.
 
Dengan demikian diharapkan hasil pertanian di Jembrana dari waktu ke waktu semakin meningkat sehingga di Jembrana tercapai swasembada pangan dan kesejahteraan para petani di bumi makepung meningkat.
 
 
Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Jefri Marsono Hanok, Rabu (28/2) saat menghadiri kegiatan panen Ubinan di sawah milik I Putu Tirta yang berlokasi di Subak Pemangket, Lingkungan Awen Timur, Kelurahan Lelateng, Negara.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, staf Pertanian Jembrana I Gede Sudarma, Pjs Danramil 1617-01/ Negara Kapten Inf I Nym Gede Andika SH, Kodinator PPL Kecamatan Negara I Wyn Tarka S.T, Kordinator Statistik Kecamatan Negara Antonius Cris Riberu S. Ap dan pengurus subak serta PPL.
 
 
Dalam giat panen Ubinan di lahan sawah seluas 50 are dengan Vareitas padi Cehirang, diproleh hasil 6, 140 kg, dengan benih awal 20 kg. Hasil panen ini merupakan hasil yang bagus, namun diharapkan kedepanya semakin meningkat.
 
“Karena itu, Babinsa supaya lebih aktif dalam memberikan pendampingan serta motivasi kepada petani dan kelompok tani agar bersemangat dalam mengelola lahan pertaniannya,” terang Dandim 1617/Jembrana, Rabu (28/2/2018).
 
Sementara itu Kodinator PPL Kecamatan Negara I Wyn Tarka S.T dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Koduim 1617/Jembrana yang telah dengan tekun dan semangat memberikan pendampingan kepada petani untuk menuju swasembada pangan di Jembrana.
 
 
 
Lanjutnya, pemerintah nantinya akan membantu petani di Jembrana berupa KLPL, Kusus pembibitan seperti bibit cabe, tomat, kacang dan mentimun. Dengan demikian diharapkan hasil panen petani akan terus mengalami peningkatan.(BB)