Manajemen Dinilai Tak Bagus, BPOM Temukan Belasan Makanan Kadaluarsa di Jembrana

  18 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : BPOM temukan ice cream kadaluarsa di salah satu toko di Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Manajemen Kurang bagus dan pergudangan terkesan tidak bersih, Tim gabungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Buleleng, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Jembrana serta Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana temukan 18 makanan dan minuman yang kadaluarsa dan rusak di 2 minimarket dan supermarket.

Operasi pangan tersebut dalam rangka menjelang Natal dan Tahun Baru. Operasi pangan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan mutu pangan yang beredar di masyarakat.

Usai kegiatan, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, tim menemukan beberapa persyaratan yang belum dipenuhi oleh pelaku usaha, diantaranya pergudangan yang belum memiliki izin dan kondisinya kurang bersih serta manajemen yang belum profesional.

"Tim juga menemukan ada beberapa barang yang sudah kadaluarsa masih dipajang di supermarket. Tentunya hal ini akan menjadi atensi kepada tim untuk melakukan pembinaan lebih lanjut," jelasnya. Senin (18/12/2023).

Selain itu, lanjut Agus, tim juga menemukan kemasan bahan makanan yang rusak. Hal ini tidak memenuhi standar barang-barang yang diperjualbelikan untuk khalayak umum.

"Ke depan kita akan selalu mengadakan pembinaan dan pencerahan lagi untuk pemilik manajemen toko maupun perusahaan untuk dapat memenuhi standar yang diberlakukan, dalam rangka untuk menjaga kesehatan atau keamanan pangan yang diperjualbelikan," ujarnya.

Agus mengaku, secara umum barang-barang yang diperjualbelikan oleh supermarket atau swalayan di Jembrana telah memenuhi syarat. Namun, ada beberapa item yang perlu mendapatkan atensi dan pengecekan lebih lanjut.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan. Pastikan makanan yang dikonsumsi dalam kondisi baik dan tidak kadaluarsa," tandasnya (BB)