Majukan Pariwisata Bali, Mudarta Sarankan Wajib Miliki 4 Hal Bertaraf Internasional

  19 Maret 2019 OPINI Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk mendukung pariwisata, Bali ke depan perlu memiliki perguruan tinggi atau universitas berkelas internasional. Apalagi Bali sangat dikenal dunia dan banyak orang asing yang datang ke 'Pulau Seribu Pura' bukan sekadar berlibur.
 
"Orang asing yang datang selain tujuan utamanya berlibur juga sekaligus bisa sambil kuliah di Bali," kata Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta di Sanur, Selasa (19/3/2019).
 
Mudarta menjelaskan potensi itu sangat besar sebab saat ini di Bali juga sudah banyak sekolah bertaraf internasional mulai tingkat dasar hingga SMA. Pasalnya, banyak orang asing tinggal berlama-lama di Bali sehingga menyekolahkan anaknya di Bali. 
 
"Mereka ini kalau sudah tamat bisa lanjut ke universitas, selain memang yang khusus ke Bali ingin kuliah," ungkap politisi asal Jembrana itu.
 
 
Kalau ini berhasil, lanjut Mudarta berhasil diwujudkan akan sangat besar dampaknya bagi ekonomi Bali. Di luar negeri seperti Malaysia juga menggarap sektor pendidikan ini dan banyak warga Indonesia kuliah di sana. 
 
 
"Juga di negara lainnya. Dan ini hasilnya sangat bagus. Jadi Bali semestinya juga berupaya bisa ambil peluang ini. Ini juga akan sangat mendukung pariwisata," terang pengusaha sukses itu.
 
Selain universitas internasional, sambung Mudarta, Bali juga memiliki potensi besar dan Bali bisa mengembangkan layanan kesehatan bertaraf internasional seperti Medical City sehingga orang asing maupun warga Indonesia yang memerlukan layanan kesehatan bertaraf internasional bisa di Bali sekalian berwisata. 
 
"Selama ini untuk mendapatkan layanan kesehatan berkelas dunia, kita harus ke luar negeri, bahkan sampai ke Tiongkok," jelas Mudarta. 
 
 
Bali kalau mau bisa menyediakan fasilitas itu maka konsumennya (turis) sudah pasti membutuhkannya. Dengan kunjungan wisatawan yang begitu besar, ini merupakan pasar yang potensial. 
 
Selain medical city, Mudarta juga melihat peluang besar dan paling mungkin dalam waktu dekat bisa dikembangkan adalah pacuan kuda internasional dan ini penggemarnya sangat banyak. 
 
"Kalau ini bisa digelar, tentu akan bisa menggaet wisatawan lebih banyak ke Bali. Setidaknya, ada semacam tambahan objek wisata baru," pungkasnya.(BB).