Kota Batu Dihantam Angin Kencang, Satu Warga Dilaporkan Tewas Ratusan Warga Mengungsi

  20 Oktober 2019 PERISTIWA Nasional

Humas BNPB

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Malang. Terjadi bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (20/10) sekira pukul 19.30 Wib. Dilaporkan, satu orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka, dan sekitar 550 orang mengungsi, demikian laporan dari BPBD Kota Malang melalui Kepala Pusat Data dan Informasi (Ka Pusdatin) BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Senin (21/10) pagi.
 
 
"Pagi ini kecepatan angin sudah menurun dan pemulihan darurat akan segera dilakukan," jelasnya.
 
Penyebab/kronologis peristiwa tersebut, berawal dari adanya angin kencang yang mendadak melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Sabtu malam (19/10) sekira pukul 23.30 WIB. Sampai pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 angin masih berhembus kencang, katanya.
 
"Seluruh wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh. Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi," terangnya. 
 
Sementara data korban jiwa yang meninggal dunia atas nama Sodiq (L,66) warga Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang tertimpa pohon pinus berdiameter 25 cm. Beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan. "Sampai laporan ini dikeluarkan, jumlah pengungsi sementara kurang lebih 550 jiwa," katanya.
 
 
 
Untuk kerusakan atau kerugian berupa bangunan rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi, dan jaringan listrik.
 
Pihaknya berupaya melakukan kaji cepat, koordinasi dengan pihak terkait, mengevakuasi masyarakat terdampak ke pos pengungsian, mendirikan pos pelayanan kesehatan dan pendirian dapur umum. Titik Pengungsian dilaporkan berada di Posko PB BPBD Kota Batu, rumah Dinas Walikota, Balai Desa Punten dan Balai desa Tulungrejo
 
Pihaknya telah merekomendasikan tindak lanjut untuk mengevakuasi seluruh warga yang berada di Desa Sumberbrantas. Sementara untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu - Kab. Mojokerto via Cangar ditutup. Kini TNI, Polri, dan Satpol PP telah mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan, pungkasnya.(BB)