Kebakaran Lahan di Bangli, Petugas Gabungan Sigap Padamkan Api

  20 Oktober 2019 PERISTIWA Bangli

Humas Polda Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Anggota kepolisian bersama TNI dan masyarakat bertindak cepat memadamkan si jago merah yang membakar lahan di tiga titik di wilayah Kintamani, Sabtu (19/10).
 
 
Ketiga titik kebakaran lahan tersebut diantaranya di Banjar Paket Kintamani, di wilayah Munduk Liligundi Desa Abangbatudinding Kec. Kintamani dan di wilayah Banjar Dinas Batur Tengah Penelokan, Kintamani yang diperkirakan total lahan yang terbakar mencapai 18 Ha. 
 
Kapolres Bangli, AKBP Agus Tri Waluyo, S.I.K., M.H. saat ditemui Minggu (20/10) mengatakan pihak Kepolisian Polres Bangli Bersama Kodim 1626/Bangli dan masyarakat sekitar serta Dinas Pemadam Kebakaran bahu membahu memadamkan api.
 
“Pemadaman api melibatkan enam unit mobil dinas pemadan kebakaran diantaranya dua unit dari Bangli dan empat unit lainnya dibantu dari Dinas Pemadam kebakaran Klungkung dan Gianyar," ujarnya.
 
 
Kapolres menambahkan untuk tempat yang tidak bisa dijangkau oleh mobil Damkar dilakukan pemadaman secara manual dengan menggunakan ranting pohon serta dengan kantong air milik BPBD yang dipinjamkan kepada petugas.
 
Dari data yang diperoleh, lahan yang terbakar merupakan lahan perkebunan yang ditanami pohon Jeruk, pohon kopi dan bambu, api cepat merambat dikarenakan faktor cuaca yang panas serta angin yang cukup kecang. Api baru dapat dipadamkan tadi pagi tepatnya pukul 03.00 Wita.
 
Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat sekitar mengingat musim kemarau yang cukup panjang, diharapkan tidak membakar sampah sembarangan yang menyebabkan kebakaran lahan, serta segera melaporkan jika terjadi kebakaran sehingga dapat dipadamkan secepat mungkin agar tidak merambat.(BB)