Kawin Lari, Gadis Ini Akhirnya Dibakar Ibunya Sendiri

  09 Juni 2016 PERISTIWA International

BBC

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Kepolisian Lahore, Pakistan, menangkap seorang perempuan yang yang dituduh membunuh putrinya sendiri yang berusia 17 tahun. Penyidik mengatakan dari jenazah korban, terlihat bahwa remaja perempuan tersebut disiksa sebelum dibakar.

Sebelumnya, gadis malang bernama Zeenat ini melarikan diri bersama kekasihnya dan kawin tanpa izin keluarga, demikian laporan BBC.

Suaminya mengatakan, ia dibujuk untuk pulang kembali ke rumah dengan mengatakan sudah dimaafkan dan ibunya ingin menggelar pesta perkawinan. Namun, sekembalinya ke rumah, pada Rabu pagi (8/6/2016), ia dan ibunya, Parveen, terlibat pertengkaran sengit yang mengakibatkan sang gadis itu dibakar dan akhirnya meninggal dunia di rumah sakit.

Aksi kekerasan terkait 'pernikahan' ini merupakan yang ketiga kalinya di Pakistan dalam waktu beberapa bulan belakangan.

Pekan lalu, Maria Sadaqat yang berusia 19 tahun disiksa dan dibakar oleh sekelompok orang di kampungnya di sebuah desa di dekat kawasan wisata Murree. Sadaqat dibakar karena menolak lamaran dari seorang laki-laki yang merupakan putra dari mantan atasannya. Ia akhirnya meninggal dua hari kemudia.

Sebelumnya pada awal Mei, perempuan yang disebut bernama Amber dibakar atas perintah sesepuh desa di Abbottabad, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, karena membantu seorang temannya lari dengan kekasih pilihan sendiri.

Tahun lalu Komisi HAM Pakistan memperkirakan 1.100 perempuan dibunuh oleh keluarga sendiri karena dianggap merusak kehormatan keluarga, namun banyak pihak yakin jumlah sebenarnya lebih tinggi karena banyak yang tidak terpublikasi. (BB/inilah).