K3S Gandeng YKI Gianyar Gelar Pengobatan Gratis di Desa Siangan

  28 Juli 2016 PERISTIWA Gianyar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Gianyar. Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, bekerjasama dengan K3S Kabupaten Gianyar  dan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) Cabang Gianyar ,mengadakan pemeriksaan dan pengobatan mata gratis di Desa Siangan Gianyar, Kamis (28/7/2016).

Untuk mengantisipasi membludaknya  masyarakat yang memanfatkan pengobatan gratis ini, menurut Ketua K3S Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra pihaknya mengadakannya selama 2 hari berturut-turut. Hari pertama di Br. Taruna Desa Siangan Rabu (27/7) dan hari berikutnya dilaksanakan di Br.Purnadesa Desa Siangan, Kamis (28/7).

Antusias masyarakat memanfaatkan pengobatan mata gratis ini cukup tinggi. Di dua banjar tersebut ada sekitar 519 warga yang memanfaatkan pengobatan mata gratis ini. Dari jumlah tersebut yang mendapat bantuan kacamata gratis sekitar 198 orang dan 6 orang mendapat bantuan operasi katarak.   Ny. Surya Adnyani Mahayastra sangat bahagia melihat antusias mayarakat yang datang memanfaatkan pengobatan mata ini. Karena ini artinya masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri.

Apalagi dalam kondisi perekonomian seperti ini, dimana kebutuhan hidup semakin meningkat  biasanya masayarakat biasanya cenderung mengabaikan masalah kesehatannya. Lewat pengobatan gratis ini, diharapkan masyarakat terutama dari kalangan kurang kurang mampu dapat lebih sedikit terbantu.

“ Kami dari YKI maupun K3S akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah dalam membantu masyarakat kurang mampu yang ada di Kabupaten Gianyar,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Sementara itu Perbekel Desa Siangan, Dewa Nyoman Raka sangat berterimakasi pengobatan mata gratis ini bisa dilakukan di wilayahnya. Karena, banyak warga yang menderita sakit mata namun enggan berobat karena takut akan biaya yang mahal. Untuk itu ia berharap, Pemkab. Gianyar besama instansi terkait rutin mengadakan kegiatan sosial seperti ini.

Pada kesempatan itu, Ny. Surya Adnyani Mahayastra yang saat itu didampingi Ketua Gatriwara Kabubaten Gianyar Ny. Ayu tagel Winarta berkesempatan mengunjungi Kelompok Belajar (PAUD) Santi Kumara di Br. Purnadesa, Desa Siangan. Di PAUD tersebut, Istri Wabup Made Mahayastra ini memberikan arahan pada anak-anak PAUD untuk belajar hidup sehat sejak dini. (BB)