Torch Relay di Desa Wisata Subak Sembung

Jual Potensi 'Wisata Unggulan' Daerah di Asian Games XVIII, Menpar : Keuntungan Bisa Capai R

  24 Juli 2018 EKONOMI Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengharapkan event Asian Games XVIII yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang mampu menjual potensi destinasi-destinasi wisata unggulan Indonesia.
 
 
Tak tanggung-tanggung, pihaknya telah menghitung dengan sport event seperti Asian Games maka akan meraup pendapatan sekitar 230 juta USD atau sekitar Rp3 triliun dari direct impactnya atau media valuenya. 
 
 
Bahkan Asian Games diprediksi mampu meraup keuntungan dua kali lipat dari target direct impact dimana media valuenya mampu meraup pendapatan hingga Rp6 triliun. 
 
Disebutkan ada 7 destinasi wisata unggulan yang dijual dan salah satunya adalah Pulau Bali, kemudian Jogjakarta, Bandung, Jakarta dan Palembang dan sekitarnya. 
 
 
Penyerahan api obor Asian Games XVIII dari Kepala BKD Vali I Ketut Rochineng kepada Menpar Arief Yahya
 
Pihaknya juga sudah melakukan promosi sejak tahun 2017 dan hampir di seluruh dunia setiap promosi wisata dunia selalu ada Asian Gamesnya. 
 
"Saya ingin mengatakan ini event besar sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan untuk mempromosikan Indonesia. Jadi yang seperti ini biaya promosinya besar ini karena ini disiarkan ke 45 negara peserta Asian Games, dan itu jarang sekali ada event seperti ini dan disiarkan ke-45 negara, ini impact media valuenya lebih tinggi dari direct impactnya itu bisa mencapai dua kali lipat dari direct impact atau media valuenya hampir Rp6 triliun ya," ungkap Menpar usai penyerahan kirab api Obor Asian Games XVIII di Desa Wisata Subak Sembung, Peguyangan, Denpasar Utara, Selasa (24/7).
 
 
Dipaparkan, setiap destinasi wisata pasti sudah melakukan berbagai persiapan dalam mempromosikan potensi daerah wisata unggulannya masing-masing, termasuk Bali. Seperti singgahnya torch relay (kirab Obor Asian Games XVIII) di Desa Wisata Subak Sembung, Peguyangan, Denpasar Utara.
 
Dan pada penyerahan kirab Obor Asian Games kali ini akan melewati 18 provinsi di Indonesia 53 kota dan sekitar 64 destinasi, dan dari 64 destinasi tersebut 50 persennya adalah lokasi wisata. 
 
Menpar Arief Yahya bersama Menkop Anak Agung Ngurah Puspayoga
 
 
Memang berbeda, kalau disini saya sudah minta kalau setiap destinasi wisata pasti seru karena kalau orang pariwisata pasti tau bahwa event ini bisa mempromosikan daerah wisatanya, katanya.
 
"Saya yakin tempat ini trending topik tempat ini Subak Sembung saya terimakasih seperti Astra membantu Desa Wisata Subak Sembung perusahaan lain boleh seperti Astra membangun seperti ini. Kita harapkan setelah acara ini, ukurannya jadi kalau tempat ini tidak populer kita gagal, jadi kalau tidak trending topik berarti kita gagal, bahkan ada dua menteri, walikota seharusnya berhasil," pungkasnya.(BB)