ITDC Gelar Pasar Murah dan Santuni Anak Yatim Piatu di Bali

  24 Juni 2016 PERISTIWA Badung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nusa Dua. Ratusan warga di sekitar Puja Mandala Nusa Dua tampak berkumpul untuk mendapat sembako murah yang digelar Indonesia Tourism Depelopmen Corporation (ITDC) yang dilaksanakan hari ini, Jumat (24/6//2016). 

Pasar murah ini merupakan kegiatan Safari Ramadhan BUMN dan menjadi bagian kegiatan "BUMN Hadir Untuk Negeri" selama bulan suci Ramadhan 1437 H. 

Kepala Divisi Pengembangan ITDC, Samsul Purba menyatakan bahwa ITDC melaksanakan kegiatan safari Ramadhan dan santunan anak yatim piatu di 2 (dua) wilayah kerja Bali dan Lombok Tengah dan dilakukan hari ini secara serentak di seluruh Indonesia. 

Sasaran dari kegiatan Pasar Murah tersebut adalah Keluarga Kurang Sejahtera ( KKS) utamanya umat muslim yang ada di sekitar Nusa Dua dan masyarakat KKS dari 12 Banjar yang ada di Kelurahan Benoa.

Adapun jumlah Paket Sembako yang di bagikan ITDC kepada masyarakat KKS untuk di wilayah Badung, Bali tersebut sebanyak 500 paket yang terdiri atas Beras 10 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Gula Pasir 2 Kg dengan nilai Paket sekitar Rp. 145.500,- namun masyarakat hanya membayarnya dengan nilai Rp 25.000. 

Pihak ITDC juga memberikan santunan senilai Rp 100.000 kepada 150 anak yatim piatu dengan bekerjasama dengan masjid Ibnu Batutah Puja Mandala Nusa Dua.

Menurut Samsul, tujuan kegiatan ini untuk mengantisipasi lonjakan harga saat bulan Ramadhan bagi masyarakat ekonomi kurang mampu. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan BUMN agar dapat selalu membantu kesulitan masyarakat dan bersama-sama membangun negeri ini untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Terkait hal ini, Ketua Umat Muslim Puji Mandala, Muhammad Jumali, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas program ITDC saat Bulan Ramadhan tahun ini. Baginya, program ini sangat bermanfaat sekali dalam suasana Ramadhan, apalagi nanti pas Lebaran tiba.

"Pasar murah dan santunan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi saat hari raya Lebaran nanti. Kami berharap program seperti ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya.Kalau bisa setiap tahun diadakan. Kita berharap tahun depan diadakan kembali safari Ramadhan ITDC," pintanya.

Sementara itu, dilokasi yang sama, Lurah Tanjung Benoa, Drs. Wayan Solo Msi. mengungkapkan pasar murah menjadi program yang sangat bagus. Ia pun sempat menyampaikan harmonisasi yang selama ini telah terbangun dengan sangat baik di Puja Mandala yang terdapat lima rumah ibadah yakni bagi uat Hindu, Islam, Budha, Kristen dan Katolik. "Kita berbeda keyakinan namun kita satu umat dan bisa tetap harmonis," ungkapnya. 

Selain program ini, ITDC Bali juga telah menyusun serial program kepedulian masyarakat yang pada prinsipnya adalah upaya pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kesenian masyarakat desa sekitar untuk dipentaskan secara regular di kawasan Nusa Dua, pelatihan bahasa mandarin untuk pedagang dan pelaku pariwisata di Nusa Dua, pemberdayaan pisang hijau di Bali barat. 

Tidak hanya itu, kedepannya ITDC juga akan memfokuskan berbagai kegiatan CSR nya untuk membantu masyarakat sekitar kawasan agar dapat berperan dan memperoleh manfaat langsung dari kegiatan pariwisata yang ada di Nusa Dua. (BB).