Ini Enam Rekomendasi Penyempurnaan Bali Mandara Versi Golkar

  22 Desember 2016 POLITIK Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Meski menyatakan komitmen dan mendukung kelanjutan program Bali Mandara, Partai Golkar Bali tetap memberikan sejumlah catatan atau evaluasi terhadap program yang diperkirakan akan menghabiskan waktu lima periode (25 tahun) kepemimpinan itu.
 
Adapun terkait evaluasi, ada enam poin usulan atau rekomendasi da lam upaya penyempurnaan program Bali Mandara yang disampaikan Par­tai Golkar. Sekretaris DPD Partai Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry, saat dikonfirmasi di sela-sela seminar serangkaian HUT ke-52 Partai Golkar di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Rabu kemarin (21/12).
 
Disebutkan, keenam poin usulan Partai Golkar itu yakni penguatan di sektor pertanian, penekanan gini rasio, menurunkan rangking angka pengangguran tingkat nasional, meningkatkan indeks pembangunan manusia, penurunan ang­ka kemiskinan, dan peningkatan anggaran di bidang pendidikan."Enam poin itu adalah usulan konkrit kami dalam program Bali Manda­ra," tegas Sugawa Korry yang juga pembicara pada seminar yang bertajuk Evaluasi dan Penyempurnaan Program Bali Mandara Jilid II Menuju Kesinambungan Program Bali Mandara Jilid III.
 
Sedangkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika yang hadir sebagai keynote speaker, menyatakan apresiasinya terhadap seminar yang digagas Partai Golkar. "Sudah seharusnya Partai Golkar melakukan evaluasi menyeluruh terhadap jalannya pro­gram Bali Mandara, dan terus berperan aktif agar program unggulan itu dapat dirasakan oleh masyarakat Bali secara nyata,” 'ujar Pastika.
 
Dikatakan Pastika, Bali Mandara ingin membiwa Bali yang kecil menjadi agung, masyrakatnya harus maju dan sejahtera dalam tatanan adat dan budaya, serta alam dan lingkungan yang lestari. Maka untuk mencapai itu, program Bali Mandara mecoba mengelaborasi antara sek­tor pertanian, priwisata serta sektor industri kecil dan menengah agar bisa menopang perekonomian daerah Bali dan juga dijadikan kekuatan demi kemajuan Bali. (BB/RB)