Ini Baru Kreatif, TPS Ditata Ala Piala Dunia

  26 Juni 2018 POLITIK Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Euforia Piala Dunia di Rusia 2018 ini juga larut dalam suasana Pilgub 2018. Bahkan menginspirasi penataan dan pengaturan dekorasi TPS di Jembrana.
 
 
Salah satunya di TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana yang berlokasi di Balai Tempek Sila Krama Kauh, Banjar Adat Taman Amertha. Selain  seluruh dekorasi disetting dengan pernak pernik piala dunia, seluruh petugas KPPS juga akan menggunakan jersey negara-negara peserta piala dunia saat pencoblosan.
 
Sejak pagi hingga sore tadi, petugas KPPS TPS 7 ini sudah memulai penataan TPS dengan atribut pernak pernik piala dunia. Mulai dari penunjuk arah menuju lokasi TPS di ujung Gang IV Jalan Soka yang menggunakan gambar pemain kesebelasan Portugal nomor 7, Cristiano Ronaldo.
 
 
Dilokasi TPS selain dipasang sejumlah media informasi dari KPU, juga diwarnai atribut bola dan Piala Dunia, petugas KPPS yang sejak H-1 pemungutan suara telah mengenakan kostum tim kesebelasan negara favoritnya juga membuat miniatur lapangan bola di halaman TPS.
 
 
Ketua KPPS 7 Baler Bale Agung, I Putu Robi Adi Astika mengatakan, ide menggunakan tema dan pernak pernik piala dunia di TPS itu disepakati karena 7 orang anggota KPPS 7 dan warga sekitar merupakan pecinta bola.
 
“Pas kumpul disepakati dan kami juga pakai jersey tim negara kebanggan masing-masing. Kebetulan moment piala dunia bersamaan dengan Pilgub, biar pemilihan ini tidak terkesan tegang, kami rancang agar santai dan bisa menghibur pemilih,” terangnya, Selasa (26/6/2018).
 
 
Di TPS 7 ini akan ada 273 pemilih yang akan memberikan hak suaranya termasuk melayani 22 warga binaan dari 87 pemilih di Rutan Kelas II B Negara. Menurutnya KPPS berswadaya untuk penataan TPS dengan tema piala dunia ini karena biaya yang diberikan dari KPU memang terbatas.
 
 
“Kami urunan mulai dari beli pernak pernik dan jersey, ‘ngalih demen’ dari uang pribadi, kalau anggaran pembuatan TPS dari KPU hanya Rp 750 ribu sudah untuk sewa terob, meja dan kursi. Jaga TPS juga kami adakan nonton bareng,” imbuhnya.
 
 
Ia berharap dengan tema piala dunia ini animo pemilih di TPS-nya yang didominasi anak muda dan pecinta bola bisa terpacu untuk pemilih sehingga meminimalisir golput. Minimal anak muda tertarik datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya dan pemilihan berlangsung meriah.(BB)