Hari Ini Hingga 8 Hari Kedepan Digelar Celuk Jewelry Festival. Ini Rangkaian Eventnya!

  06 Agustus 2016 HIBURAN Gianyar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Gianyar. Sebagai aksi nyata dalam mendukung pemerintah mempersiapkan seluruh komponen masyarakat dalam rangka menghadapi persaingan Global dan MEA, Desa Celuk untuk pertama kalinya menggelar Celuk Jewelry Festival (CJF) mulai hari ini, Sabtu 6-14 Agustus 2016 yang berlangsung di Wantilan Pura Desa Celuk, Jalan Setra Celuk No 1, Banjar/Desa Celuk, Sukawati, Gianyar.

 

Event ini digelar oleh sekelompok anak muda bersama para tokoh desa dengan mengajak perajin perhiasan perak dan pihak swasta lainnya sebagai momentum bersatu dan bangkitnya Desa Celuk membangkitkan kembali perajin dan kerajinan perak dan emas khas Celuk yang selama ini "mati suri".

 

"Sebagai salah satu daerah tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Bali, kegiatan ini untuk mengkampanyekan Desa Celuk sebagai salah satu pusat industri kerajinan perak dan emas di Bali," ucap Ketua Panitia Celuk Jewelry Festival, Ketut Widi Putra.

 

Menurutnya, selama ini Desa Celuk dikenal sebagai desa pengerajin di mana masyarakatnya menjalankan warisan seni kerajinan perak dan emas. Dalam ajang ini, Beberapa organisasi masyarakat dilibatkan antara lain, STT Yowana Jaya Celuk, Celuk Design Centre, Pokdarwis Celuk Silver Village, dan juga organisasi Sport Celuk bekerjasama untuk mewujudkan festival ini. 

 

Selain itu, kata Widi, kegiatan ini juga diharapkan mempersatukan masyarakat Desa Celuk agar mampu melangkah bersama dalam meningkatkan perekonomian desa. Celuk Jewelry Festival ini mengangkat tema perayaan 100 tahun Desa Celuk sebagai desa pengerajin perhiasan perak dan emas di Bali. 

 

"Melalui Celuk Jewelry Festival ini, masyarakat di Celuk juga berkesempatan untuk mempromosikan dan menjual hasil karya dan kreatifitas mereka," ungkapnya.

 

Widi memaparkan kegiatan perdana ini dikemas dalam beberapa rangkaian acara yaitu lomba desain perhiasan, fotografi perhiasan, pameran perhiasan, peragaan busana perhiasan, pagelaran seni budaya, kuliner dan turnamen olahraga, dan bazar kuliner. 

 

Tidak hanya itu semata, masyarakat luas juga dapat mengikuti workshop tentang proses pembuatan perhiasan perak. Dalam festival selama 8 hari kedepan itu juga digelar seminar kewirausahaan dan digital marketing yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam memasarkan produknya.

 

"Peragaan busana perhiasan didukung perancang busana Tjok Abi yang dikolaborasikan dengan produk perajin Celuk," jelasnya.

 

Tidak hanya para pengerajin perak, dalam festival ini masyarakat Celuk yang menggeluti bisnis di bidang kuliner juga berkesempatan memperkenalkan hidangan mereka dalam bazar kuliner yang akan bertempat di sekitar lokasi pameran perhiasan.(BB).