Hadir Saat Kampanye Paslon, Oknum PNS "Diperiksa" Panwaslu

  24 Mei 2018 POLITIK Jembrana

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Panwaslu Jembrana tadi pagi hingga siang hari mengklarifikasi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menghadiri kampanye salah satu pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bali. 
 
 
Upaya ini menindaklanjuti laporan pengawasan dari Panwascam kampanye salah satu paslon tersebut di Desa Delodberawah, Minggu (20/5) lalu. 
 
Klarifikasi yang berlangsung di Kantor Panwaslu Jembrana tersebut berlangsung sejak pagi hingga siang hari. IKGS, PNS yang bertugas sebagai penyuluh lapangan itu, dimintai keterangan di ruangan komisioner Panwaslu. 
 
Koordinator Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Jembrana I Nyoman Westra mengatakan dari hasil klarifikasi, IKGS mengaku datang dalam kegiatan di Delodberawah tersebut. 
 
Tetapi pihaknya hadir selaku anggota sekaa makepung. Ia tidak mengetahui kalau dalam acara tersebut hadir salah satu paslon dalam Pilgub 2018. 
 
Westra menambahkan dari hasil klarifikasi ini nantinya akan diplenokan bersama sebelum diputuskan apakah memang ada pelanggaran atau tidak. Apabila memang ada pelanggaran, maka pasti akan ada sanksi. 
 
 
Sementara itu Ketua Panwaslu Jembrana Pande Made Ady Mulyawan mengatakan dari hasil klarifikasi ini menurutnya masih akan dipelajari. 
 
Yang bersangkutan menurutnya disangkakan melanggar UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih jauh diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.  
 
Pande mengingatkan bahwa ASN agar menjaga netralitas dalam hajatan pemilihan umum. Panwaslu sebelumnya juga sering mengingatkan, bahkan secara tertulis melalui surat cegah dini. 
 
Sebelumnya, Panwaslu Jembrana juga melakukan klarifikasi terhadap sejumlah perangkat Desa mulai dari Perbekel, staf desa hingga Kepala Kewilayahan Banjar. 
 
 
Dari hasil klarifikasi itu, 12 perangkat desa dinyatakan melanggar undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Mereka diketahui hadir dalam kampanye salah satu paslon.(BB)