Hadapi Lomba Desa 2017, Kader PKK Digenjot Berbagai Pelatihan

  08 Agustus 2016 HIBURAN Gianyar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Perhelatan lomba desa masih setahun lagi yakni tahun 2017 mendatang, namun para kader PKK sudah mulai digenjot berbagai jenis pelatihan mulai dari sekarang. Hal ini bertujuan agar pada sat lomba nanti, mereka sudah benar-benar siap, baik dari sudut administrasi, keterampilan dan sarana maupun prasaranan. Hal ini ditegaskan oleh Kepala BPMD Kabupaten Gianyar I Ketut Suweta, pada acara pelatihan administrasi Pokja III dan Pokja IV bagi kader PKK Desa/kelurahan, di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (PLUT UMKM) di Desa Bedulu Gianyar, Senin (8/7/2016).
 
 
Peran dan aktualisasi para kader penggerak PKK dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga memiliki arti yang sangat penting. PKK sebagai mitra pemerintah selalu bersama-sama bertanggung jawab, dalam mensejahterakan keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitarnya.  Malah menurut Suweta, kader PKK itu mempunyai peran yang sangat penting dalam memberdayakan masyarakat. Seperti di bidang kesehatan, mereka dapat mengubah opini masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat. Selain dilingkungan keluarga, para kader ini dapat terus memberikan pemahaman pada warga sekitar tentang PHBS dengan memanfaatkan setiap pertemuan-pertemuan rutin di desa, seperti arisan, ngayah di pura dan lain sebagainya.
 
 
“ Jika para kader PKK sudah dibekali pengetahuan yang cukup, baik tentang administrasi, pendidikan, PHBS dan lainnya, niscaya di masyarakat mereka akan percaya diri dalam mensosialisasikan ilmu yang mereka miliki,” tegas Suweta.
 
 
Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi mengatakan, pelatihan para kader kali ini adalah untuk kader Pokja III yang membidangi sandang, pangan, perumahan dan tata laksana rumah tangga. Sedangkan untuk Pokja IV yang membidangi yang membidangi kesehatan, dan kelestarian lingkungan hidup.  Selain bagi para kader desa/ kelurahan yang akan maju lomba desa tahun 2017, dari 80 orang peserta yang ikut pelatihan, ikut juga sebagai peserta kader untuk lomba HKG PKK KB Kes dan BBGRM yakni desa Lodtunduh, Ubud dan Desa Batuan Kaler Sukawati.
 
 
Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menegaskan, agar para kader ini dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik terutama untuk administrasi. Seperti pengalaman sebelumnya tiap lomba desa biasanya yang paling membingungkan di desa adalah masalah administrasi desa.
 
 
“ Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, ikuti pelatihan dengan cermat agar pada saat lomba nanti, sudah siap dan mengerti semua tentang apa yang disyratkan dalam lomba,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.
 
 
Selain administrasi, dan kesehatan khusus untuk pokja III juga diberikan pelatihan membuat kue dari non beras. Pelatihan ini diberikan mengingat kini makin maraknya jjanan di masyarakat yang mengandung bahan yang berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Jika sudah terampil membuat kue sendiri, tentu akan lebih sehat dan aman di konsumsi bagi keluarga. (BB)