Gunung Agung Kembali Erupsi 4 Menit, Hujan Abu Ringan Landa Wilayah Abang dan Kubu, Karangasem

  10 Januari 2019 PERISTIWA Karangasem

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Gunung Agung di Karangasem, Bali pada Kamis (10/1) malam kembali erupsi sekitar pukul 19.55 wita. 
 
 
Informasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung saat terjadi erupsi tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 4 menit 26 detik.
 
"Kolom abu tidak teramati dikarenakan kabut. Erupsi terjadi pada pukul 19:55 WITA," ujar salah satu petugas Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Kamis (10/1) malam.
 
 
 
Saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi :
(1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.
(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.
 
 
Dikabarkan dampak terjadinya erupsi ini di wilayah seperti di Kecamatan Abang, Dukuh, Karangasem terpapar hujan pasir atau abu dengan intensitas ringan. Selain itu informasi dari Posko Induk Pasebaya Agung Kamis (10/1) malam, teramati hembusan keabu-abuan dengan tinggi kurang lebih 600 meter sekira pukul 20.05 wita  dan teramati letupan api kecil dan suara gemuruh sekira pukul 20.07 wita.
 
Informasi dari seputaran Kubu, Karangasem visual tidak teramati namun dari laporan Kawil Daya (Dek Manuh) sekira pukul 20.23 wita terjadi hujan abu tipis..(BB)