Gilimanuk Jadi Lebih Bali

  10 Mei 2017 TOKOH Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Berbagai Fasilitas umum terkait pembangunan di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana  menjadi perhatian serius Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan.
 
Hal ini lantaran Kembang Hartawan ingin menyelulap Gilimanuk menjadi lebih bersih, lestari dan Indah. Sehingga bagi orang dari luar Bali ketika menginjakan kaki di Gilimanuk mendapatkan kesan Bali seutuhnya.
 
Untuk mewujudkan hal itu, berbagai pembenahan melalui pembagunan infrastruktur dilakukan di Gilimanuk. Selasa (9/5) kemarin Kembang Hartawan memantau pelaksanaan pembagunan di Gilimanuk. 
 
 
Salah satunya penataan di sekitar Patung Siwa Maha Dewa. Termasuk pula memantau pelebaran jalan nasional yang saat ini sedang dikerjakan, pembagunan pasar induk Gilimanuk, penataan lapangan Gilimanuk, serta pembangunan terminal kargo. Termasuk rencana renovasi terminal lama.
 
Didampingi para pimpinan OPD Pemkab Jembrana, Wabup I Made Kembang Hartawan saat. pemantauan tersebut banyak memberikan masukan terkait pembagunan dan penataan di kawasan barat tersebut. 
 
”Selama ini orang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk belum merasakan menginjakan kaki di Bali. Kedepan kesan itu akan kita hilangkan, apalagi Gilimanuk ini masuk kawasan strategis Nasional,” terangnya.
 
Menurut Kembang Hartawan, untuk mengujudkan hal itu, peran pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten sangat penting untuk menunjukan atmosfer Bali bisa dirasakan saat menginjakan kaki di Gilimanuk. 
 
 
"Kami ingin orang-orang dari luar Bali saat menginjakan kaki di Gilimanuk, setelah turun dari kapal benar-benar merasakan tianggal di Bali,” ujarnya.
 
Karena itu Kembang Hartawan minta di kawasan Patung Siwa Maha Dewa benar-benar ditata agar mampu memberikan rasa indah dan lestari seperti gambaran Bali seutuhnya. 
 
Disamping itu menurut Kembang Patung Siwa Mahadewa juga bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat Jembrana khususnya masyarakat di Kelurahan Gilimanuk. 
 
Dengan penataan tetamanan yang apik lanjut Kembang Hartawan, tentu akan menarik untuk dikunjungi. Dengan demikian kawasan tersebut bisa memberikan kontribusi ekonomis bagi masyarakat sekitarnya. 
 
"Tempat-tempat berjualan juga perlu ditata dengan rapi dan tentunya nyaman bagi penginjung,” tambahnya.
 
Terkait rencana renovasi terminal lama yang berlokasi tepat di depan pasar Gilimanuk, Wabup Kembang Hartawan mengaku akan segera dilakukan perombakan. 
 
Terminal lama tersebut  rencananya akan dirombak tahun depan. Dilihat dari lokasinya sangat strategis untuk para pedagang berjualan.(BB)