Disperindag Gianyar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Siswa SMA/SMK

  02 Agustus 2016 PERISTIWA Gianyar

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Bertemakan “Menuju Sukses di Usia Muda”, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar mendorong bangkitnya jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya pelajar SMA/SMK di Kabupaten Gianyar.
 
Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan SMA/SMK di Gianyar dengan menggandeng beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.
 
Seperti yang terlihat Selasa (2/8/2016) di SMA Dwijendra Gianyar, puluhan pelajar dari SMA Negeri 1 Gianyar dan SMA Dwijendra Gianyar mengikuti pelatihan selama sehari dengan narasumber dari unsur pengusaha, Bintang Mira Afriningrum serta dari unsur Bank Indonesia, Gede Agustin Premana.
 
Kepala Disperindag Kabupaten Gianyar, Ir I Wayan Suamba MT mengatakan, kegiatan hari ini merupakan serangkain kegiatan pelatihan kewirausahaan di 15 SMA/SMK yang tersebar di 7 kecamatan. Program pelatihan ini tersendiri merupakan lanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya, dimana setiap tahunnya disasar 15 SMA/SMK dari 43 sekolah SMA/SMK di Kabupaten Gianyar.
 
“Dengan pelatihan ini, kami harapkan akan mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada generasi muda sehingga timbul semangat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tidak hanya sebagai pencari kerja,” terang Wayan Suamba.
 
Ditambahkan Suamba, suatu daerah dikatakan makmur jika minimal 2% dari prosentase keseluruhan penduduk menjadi wirausahawan. Indonesia  sendiri menurut sebuah riset jumlah penduduk yang menjadi wirausaha sekitar 0,18% sehingga perekonomian Indonesia tertinggal jauh dari negara tetangga yaitu Singapura prosentase wirausahanya sebesar 7%, Malaysia 5% dan Cina 10%.
 
Sementara Bintang Mirna Afriningrum mengatakan, menjadi wirausaha muda pada intinya harus memiliki sifat mental yang kuat. Tidak mudah menyerah pada setiap kegagalan, bahkan menjadikan menjadikan kegagalan sebagai batu pijakan untuk meraih kesuksesan.
 
“Menjadi wirausaha, harus mempunyai disiplin dan komitmen tinggi serta memiliki inovasi dan kreatifitas dengan memperhatikan setiap peluang yang ada,” terang Bintang Mira. (BB)