Dirjen Pajak Ragu Tax Amnesty Bisa Sukses

  07 Oktober 2016 EKONOMI Nasional

Ilustrasi/Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. Ditanya soal peluang amnesti pajak di 2017, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi malah lesu. Naga-naganya tak akan sukses seperti periode pertama.
 
Ken mengaku tidak berharap banyak kepada tax amnesty di 2017. Bisa tumbuh 15% saja sudah bersyukur. "Engga kok, growthnya diminta 15 persen dari tahun sebelumnya, kira-kira berapa hitung sendiri," ujar Ken di Gedung Sudirman, Jakarta.
 
Ken mengaku, belum dapat mengestimasi berapa target perolehan pajak yang akan dicapai di 2017. Alasannya, Ken harus melihat perolehan pajak di tahun ini. 
 
"Saya tidak terlatih untuk ramal itu berapa. Tidak bisa tahu saya. Saya lihat datanya dulu, yang jelas naik berapa persen gitu," kata Dirjen Pajak yang terpilih tanpa lelang jabatan ini.
 
Saat ini, pendapatan pajak tumbuh 18%. Namun, hasil ini belum bisa membuatnya tersenyum lebar. Hanya saja, alumni Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur ini masih bersemangat dan optimis.
 
"Mudah-mudahan ya, ternyata kebanyakan orang malu (bayar di periode I), cuma pakai 2 persen kayak orang melarat saja, jadi, saya pakai 5 persen (tarif tebusan periode III)," ungkapnya.
 
Ken mengatakan, dengan jumlah peserta yang baru mencapai 2,09% dari 20 juta wajib pajak, maka peluang terjadinya penambahan masih terbuka di periode II dan III. Mudah-mudahan pak. (BB/inilah).