Diduga Api Berawal dari Ini, Kebakaran yang Hanguskan Ratusan Kios di Pasar Batu Kandik

  11 Agustus 2018 PERISTIWA Denpasar

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kebakaran yang menghanguskan sedikitnya 111 (laporan kepolisian menyebut 108) los atau kios Pasar Anyar Sari atau lebih dikenal Pasar Batu Kandik di Jalan Gunung Galunggung, Denpasar Barat pada Sabtu (11/8) sekira pukul 12.30 wita diduga api pertamakali muncul berasal dari instalasi listrik yang ada di los No 2 Blok I milik Ibu Akmi asal Bondowoso, Jawa Timur (Jatim).
 
 
Informasi yang berhasil dihimpun dari pihak kepolisian Denpasar Barat menyebutkan, bahwa saksi Ibu Akmi, pedagang, alamat asal Bondowoso, Jatim dan tinggal di Pasar Anyar Sari mengaku sebelum terjadi kebakaran saksi memasak air dengan menggunakan pemanas air elektrik, kemudian ditinggal membeli gula di seputaran Pasar.
 
 
Setelah itu saksi kembali ke losnya dan pada saat itu saksi dipanggil oleh salah satu pedagang yg berjualan rujak bahwa ada asap, kemudian saksi melihat ke atas los miliknya ada api pada kabel instalasi listrik yang ada di dalam los miliknya, saksi kemudian berusaha memadamkan api dengan cara menyiram dengan air, namun api dengan cepat membesar sehingga api tidak bisa dipadamkan. Saksi sendiri di pasar tersebut memiliki dua los atau kios di Blok I yaitu los I yang digunakan menjual alat-alat upacara dan blok II digunakan untuk menjual pisang.
 
 
Sementara keterangan saksi lainnya atas nama Ketut Raka, petugas kebersihan Pasar asal Gianyar, yang beralamat di Jalan Kebo Iwa, Gang DanauTawar III No.3 Denpasar menjelaskan bahwa sekitar pukul 12.30 wita saat saksi baru tiba di Pasar melihat pemilik los pertama yang terbakar sedang memasak (diduga los ibu Akmi).
 
 
Kemudian sesaat kemudian ibu yg memasak tersebut berteriak ada kebakaran, selanjutnya mendengar hal itu saksi datang membawa air dengan menggunakan ember untuk memadamkan api, namun pada saat saksi menyiram api tersebut dengan air terjadi ledakan yang bersumber dari kompor yang dipakai memasak oleh ibu tersebut.
 
 
Kapolsek Denpasar Barat Kompol Adnan Pandibu yang dikonfirmasi terkait penyebab kebakaran mengaku, masih menunggu olah TKP dari pihak laboratorium forensik (Labfor) Denpasar.
 
"Kita masih menunggu oleh TKP dari pihak Labfor yang punya kompeten untuk menjelaskan hal tersebut. Rencana Senin (13/8) olah TKP dari Labfor. Kalau diduga karena pemanas air elektrik terus ke instalasi listrik itu bukan saya yang mengatakan itu ya," elaknya singkat, Sabtu (11/8).
 
ket foto: korban yang mengalami lecet 
 
 
Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran menghanguskan sedikitnya 111 los atau kios Pasar Anyar Sari atau lebih dikenal Pasar Batu Kandik di Jalan Gunung Galunggung, Denpasar Barat. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya dua orang dilaporkan mengalami luka lecet ringan dan pingsan seorang ibu-ibu.
 
Selain menghanguskan ratusan kios, sebuah mobil pick up juga dikabarkan turut hangus terbakar dengan Nopol tidak diketahui lantaran hangus terbakar. Dan untuk nilai kerugian akibat peristiwa ini pun belum dapat dipastikan, pihak PD Pasar Kota Denpasar mengaku masih menghitungnya.(BB)