Damkar Klungkung : Api Ludeskan Wantilan, Terkendala Armada dan Suplai Air

  19 Agustus 2019 PERISTIWA Klungkung

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Setelah padamnya api yang menghanguskan wantilan di depan Pura Taman Penataran Ped, Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung belum bisa mengidentifikasi penyebab dari kebakaran yang menghanguskan bangunan wantilan yang sering digunakan masyarakat untuk mejejaitan tersebut. Disebutkan, warga yang berada di sekitar baru mengetahui terjadinya kebakaran setelah api sudah besar.
 
 
Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung I Putu Suarta saat dihubungi, Senin (19/8/2019) malam menyebutkan api yang melahap wantilan di depan Pura Taman Pura Penataran Dalem Ped sudah bisa dipadamkan. Ia menyebutkan, kebakaran tersebut diketahui warga pada pukul 20.00 wita dan mulai bisa dipadamkan satu jam setelahnya.
 
 
“Menurut informasi dari masyarakat, api sudah besar baru tahu. Kalau disebut kondisinya sepi, warung di depan banyak. Entah apa dan bagaimana yang jelas disana tersimpan barang-barang upacara,” jelasnya yang menambahkan kemungkinan barang yang disimpan tersebut menyebabkan mudah terjadinya kebakaran.
 
 
Putu Suarta menyebutkan saat melakukan pemadaman pihaknya mengalami kendala terbatasnya air yang ada. Untung saja ada tangki PDAM dan instansi lainnya yang ikut membantu suplai air kepada petugas Damkar di lapangan. 
 
 
Akibat kesulitan suplai air, menyebabkan kobaran api hanya meninggalkan struktur bangunan saja. “Kita bantu juga (pemadaman) tapi tidak maksimal. Mudah-mudahan untuk tahun depan ada pengadaan untuk armada,” ucapnya yang menambahkan keberadaan satu armada untuk mengcover Nusa Penida yang luasnya lebih besar dari Klungkung daratan membuat petugas kewalahan dalam menangani kebakaran.
 
“Medan sangat menantang, kemudian sumber air terbatas. Itulah masalah kendala kita,” tambahnya. Untung saja, kebakaran yang terjadi di wantilan ini tidak merembet ke pura dan pelinggih yang ada di Pura Penataran Dalem Ped. Sehingga pura dan pelinggih yang ada di sekitar wantilan tersebut dinyatakan aman dari kobaran api.  (BB)