Cerita Baik Portal Indonesia di Keketuaan ASEAN 2023, Bukti Kepercayaan Dunia Kepada Indonesia

  31 Juli 2023 POLITIK Nasional

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 segera digelar di Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 segera digelar di Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023. Sebagai rangkaian dari Keketuaan Indonesia ASEAN, kegiatan ini turut jadi momentum Portal Indonesia (www.indonesia.go.id) mengajak penulis-penulis di seluruh wilayah tanah air berkontribusi menyebar narasi baik khususnya terkait kekayaan alam, budaya, ekonomi kerakyatan hingga sosial kemasyarakatan yang hanya ada di Indonesia.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Indonesia (Kominfo), Usman Kansong, Sabtu (29/7/2023).

"Portal ini semacam beranda NKRI di dunia maya. Pembacanya bukan hanya ada di Indonesia, tapi hingga pelosok dunia. Teman-teman penulis di seluruh wilayah bisa berkontribusi mengisi cerita Indonesia di sini. Keketuaan di ASEAN pada 2023 bukti kepercayaan dunia kepada Indonesia, salah satunya karena cerita-cerita baik, inspirasi-inspirasi Indonesia yang telah dikenal dunia," katanya.

Portal Indonesia menyajikan cerita-cerita kekayaan budaya bangsa dari berbagai sisi. Profil negara, kebijakan kerakyatan pemerintah, ragam kearifan lokal, potensi pariwisata, keunggulan serta kemudahan investasi, hingga layanan publik, menjadi kekuatan yang diharapkan semakin membuka mata dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

Kredibilitas informasi yang disampaikan pun akurat, valid, dan terpercaya karena dilakukan melalui reportase, riset mendalam, dan agenda redaksi oleh pengelola yang telah lama berkecimpung di dunia jurnalistik.

"Maka itu saya mengajak khususnya generasi muda untuk turut memberikan kontribusi positif untuk Indonesia," kata Usman.

Di tempat terpisah, pegiat literasi sekaligus founder Yayasan Kanasditya Anjani Dharma, Debby Lukito Goesyardi turut mengapresiasi hadirnya kanal-kanal komunikasi yang berbagi konten kisah baik tentang Indonesia. 

Hal tersebut dikatakannya sebagai energi positif masyarakat yang selain menggerakkan individu untuk berkontribusi minat baca, tulis dan berbagi konten, tapi lebih dari itu menunjukkan kebanggaannya terhadap tanah air.

"Ini tentu akan menginspirasi masyarakat hingga pelosok daerah. Portal Indonesia ini memberikan harapan kepada kami yang berkecimpung di dunia literasi. Kami sudah punya wadah sendiri, namun hadirnya kanal ini akan memberikan kebanggaan tersendiri tentunya bagi teman-teman bahwa tulisan mereka semakin dilihat secara lebih luas lagi dan tentu atas nama Indonesia. Ini harus dijaga," katanya.

Senada dengan Debby, konten kreator milenial sekaligus pendiri Satupadu Indonesia, Ananda Priantara mengaku selalu terinspirasi dari kekayaan alam dan kearifan lokal yang tidak dimiliki negara lain, untuk berkreasi.

"Hingga di tahap ini, saya memulainya dari bawah karena memang berasal dari keluarga petani. Memanfaatkan berbagai potensi itu yang utama. Indonesia.go.id menjadi wadah tambahan sehingga bisa lebih dikenal lagi. Ini jadi bukti kekuatan gotong royong yang hanya dipunyai Indonesia," katanya.

Untuk itu ia turut mengajak generasi muda untuk tidak lelah dan berputus asa dalam segala kondisi, karena banyak hal yang bisa dilakukan.

"Itu yang utama, jangan putus asa. Secara khusus saya ingin berbagi tips, jika ingin maju, hal pertama adalah tentukan tujuan. Karena tujuan ini yang akan mengarahkan kita dan akan kita bagi ke masyarakat luas. Manfaatnya pasti akan kembali ke kita dan yang paling penting cerita itu akan menginspirasi," katanya.(BB).