Canggih! Robot Ini Mampu Operasi Otak Secara Teliti Hanya 2,5 Menit

  08 Mei 2017 KESEHATAN International

Telegrafh

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Internasional. Melakukan operasi otak harus dilakukan dengan teliti. Dan itu adalah tugas berat seorang dokter bedah. Salah sedikit saja bisa menyebabkan mala petaka bagi pasiennya.
 
Untuk mengurangi risiko dalam operasi otak, peneliti dari University of Utah, Amerika Serikat, menciptakan robot yang mampu melakukan operasi otak dengan teliti.
 
Ya, robot itu mampu mengurangi durasi operasi. Biasanya seorang dokter butuh waktu dua jam untuk mengebor kepala pasien, tapi robot ini mampu melakukannya hanya dalam waktu 2,5 menit, dilansir Futurism, Senin (8/5/2017).
 
Kerja robot ini bergantung pada hasil CT scan yang berisi data-data letak saraf-saraf yang harus dihindari. Kemudian hasil CT scan pasien dimasukkan ke dalam program robot. Dan robot itu mulai bekerja.
 
Ahli bedah saraf yang juga peneliti utama di University of Utah, William Couldwell mengatakan robotnya mampu bekerja mengebor tulang kepala pasien sesuai dengan data-data CT scan.
 
"Jadi robot ini dapat bekerja dengan sangat aman saat melakukan operasi otak," kata Couldwell.
 
Couldwell juga memastikan kepada pasien agar percaya dan tidak takut dengan robot ini. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan di Jurnal Neurosurgical Focus.
 
"Selain dapat menghemat waktu, robot ini punya kemampuan melakukan operasi dengan sangat presisi," pungkas Couldwell.(BB).