Burung "Moster" Juara Adu Burung Berkicau Sanur Village Festival

  29 Agustus 2016 HIBURAN Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Seribuan burung unjuk kebolehan kemerduan suara di Lapangan Made Pica Sanur. Ribuan orang tampak hilir mudik membawa burung maupun menyaksikan pertandingan burung berkicau SVF 2016.
 
Lomba burung berkicau SVF 2016 kali ini dimotori oleh Kaliombo Bird Club, Intaran Sanur, serta didukung Pelestari Burung Indonesia (PBI) Pengda Denpasar ini mendapat respon luar biasa dari pecinta burung se-Bali. Terbukti 1020 peserta ikut berlomba memperebutkan 23 sesi kelas bergengsi.
 
Koordinator lomba burung berkicau SVF, I Made Sukarta mengatakan lomba kali pertama di ajang SVF ini mempertandingan kehebatan burung dengan kicauannya yang dinilai oleh tim juri professional. Jenis burung yang dikategorikan dalam lomba diantaranya punglor batu, punglor kembang, murai, cucak ijo, cucak rowo, cendet, dan kacer. 
 
"Para peserta datang dari berbagai club maupun perorangan yang ada di Bali, dan terdapat juga peserta luar Bali, meskipun mereka tidak diundang secara resmi," ucap pria yang akrab disapa Indro itu.
 
Sementara, Ida Bagus Wisnu Diwangkara selaku koordinator umum SVF di sela-sela persiapan acara penutupan SVF mengatakan, lomba burung berkicau SVF adalah wujud kepedulian SVF dalam memberikan ruang kreatif dan berekspresi bagi para pecinta burung berkicau untuk berbagi ke hadapan publik. 
 
"Melalui lomba burung berkicau SVF, diharapkan pula dapat mengembangkan ragam species burung berkicau melalui upaya pelestarian dan pengembangbiakannya," jelas Wisnu. 
 
D’Yan, warga Mengwi Badung yang mengikuti perlombaan tampak antusias. Dua burung Murai Batu miliknya yang bernama T-Rex dan Moster berhasil menyabet gelar juara satu dari kategori yang diperlombakan. 
 
"Saya memang sering mengikuti lomba sejak tahun 2010, dan lomba yang dilaksanakan oleh SVF saat ini patut diapresiasi dan dikembangkan lebih luas lagi, seperti mengundang peserta luar Bali," katanya.
 
Hal senada juga disampaikan Ida Bagus Yudhistira dari LBB Team Denpasar. "Hari ini saya melihat antusiame peserta yang membludak, kiranya event lomba burung SVF tahun depan bisa ditingkatkan statusnya menjadi event nasional," ujarnya.
 
Lomba burung berkicau SVF memperebutkan piala dan uang tunai maupun berbagai voucher menarik dari SVF. "Lomba burung berkicau SVF benar-benar penuh persaingan sengit, karena banyaknya peserta yang membawa burung kelas juara dan selama ini telah membuktikan sering menyabet juara," tandas Indro, selaku koordinator lomba burung berkicau SVF.(BB).