Bupati-Wabup Bangli 'Ngaturang Bakti Penganyar' di Pura Pucak Penulisan

  14 Oktober 2017 TOKOH Bangli

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Sebagai wujub Srada Bakti kepada Ida Sangyang Widhi Wasa dan Sesuunan yang bersatana di Pura Puncak Penulisan, Sabtu (14/10/2017) Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangli Beserta Jajarannya Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Pucak Penulisan, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani. Acara yang di pusatkan di Jeroan Pura Pucak Penulisan di hadiri oleh Pimpinan Perangkat daerah beserta jajarannya. Turut hadir juga Forkompinda, Ketua Darmawanita dan masyarakat pengempon Pura Pucak Penulisan.

Manggala Karya Jero Mangku Tresna, yang juga selaku Bendesa Adat Desa Sukawana menyampaikan pelaksanaan karya saat ini merupakan upacara rutin setiap tahunnya, yang jatuh pada Bulan purnama pada sasih Keempat (Purnama Kapat) dimana dalam pengambilan upacara kali ini adalah upacara pengenteg jagat Bali, dengan bersaranakan kerbau berjumlah enam (6) ekor. Tujuannya tiada lainuntuk memohon keselamatan, bukan hannya dari pengempon pura yang ada di sekitaran pura pucak penulisan saja, melainkan merupakan harapan/keringinan masyarakat Bali, yang juga  memohon kepada ida Batara yang berstana di Pucak Punulisan ini agar jagat Bali selalu diberkahi keselamatan, Kerta Rahayu, masyarkat damai begitu juga dengan seluruh isinya. Lebih lanjut dijelaskan pelaksanaan wali yang di lakukan dari semenjak tahu 2010 juga telah dilaksanakan pujawali Pengurip Jagat Bali dengan sarana kerbau dua belas (12) ekor, berikutnya pengurip japa mantra pamangku bersaranakan kerbau sepuluh (10) selanjutnya pengurip sehananing Tirta dengan kerbau sembilan (9) terus pengurip sehananing Dewata Nawa Sanga bersaranakan kerbau delapan (8) pengurip pala Bungkah, pala gantung semuanya menggunakan kerbau tujuh (7) ekor, sampai saat ini dilaksanakan puja wali Ngenteg Jagat Bali dengan sarana Kerbau enam (6) ekor. Dikatan juga upacara pengenteg jagat Bali dipuput oleh Dane Jero Kubayan. Kami selaku panitia pura yang telah melaksanakan wali Pengenteg jagat ini selain pengempon Gobog domas sebagai pemucuk,  juga dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur termasuk juga olek Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bali. “selaku manggala Karya mengucapkan terimakasih yang tinggi tingginya kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota telah bisa berpartisipasi dan menyaksikan pelaksanaan puja wali yang telah terselenggara dari tanggal lima (5) sampai disineb nanti tanggal 15 Oktober 2017” kata jero Mangku Tresna.

BACA JUGA :
 

Sementara Kabag Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik, Cok Bagus Gaya Dirga menyampaikan persemabhyangan Bakti penganyar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangli selain utnuk menyaksikan pelaksanaan karya Pengenteg Jagat Bali, yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita sebagai umat manusia bisa memenuhi kewajiban dan selalu sujut kehadapah sesuunan yang berstana di pura Pucak penulisan untuk memohon keselamatan bagi umat manusi pada umumnya dan masyarakat Bali pada khususnya. “ kita semua merharap melalui pelaksanaksanaan upacara ini kita selalu diberikan keselamatan dan tuntunan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai pelayan masyarakat, sehingga apa yang kita cita-citakan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan kita bersama,” kata Cok Bagus Gaya Dirga.(BB)